10 Jurusan Teknik Dengan Prospek Kerja Yang Tinggi

  • Bagikan
10 Jurusan Teknik Dengan Prospek Kerja Yang Tinggi 10 Jurusan Teknik

Fakultas teknik merupakan fakultas yang menaungi beberapa jurusan kuliah atau program studi dengan prospek kerja yang tinggi. Apa kamu sering kali bertanya tanya, apa benar jurusan teknik tersebut memiliki prospek kerja yang tinggi dan cerah pada masa depan?

Memang benar, salah satu jurusan yang paling digemari setiap tahunnya adalah jurusan-jurusan di bidang teknik. Untuk lebih detailnya mending kamu yang pada tertarik untuk memilih bidang teknik di kuliah nanti, cek pembahasan di berikut ini dulu, yuk! Jangan sampai kamu hanya ingin masuk jurusan teknik biar terlihat keren atau mungkin biar dapet jodoh. Hehe.

10 Jurusan Teknik Dengan Prospek Kerja Yang Tinggi

Sebelum kamu memilih jurusan yang paling sesuai dengan bakat dan minat kamu, Karena itulah, di sini akan dikenalkan beberapa jurusan kuliah atau program studi bidang teknik yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan kamu untuk memilih program studi kamu.

ketahui dulu yuk konsentrasi bidang, hal apa saja yang dipelajari serta prospek kerja dari masing-masing jurusan teknik berikut ini.

Baca juga:  Kamu Hobi Photography? Jual Hasil Foto Jepretanmu Di 9 Situs ini!!

1. Teknik Arsitektur

10 Jurusan Teknik Dengan Prospek Kerja Yang Tinggi 10 Jurusan Teknik2

Oke yang pertama yaitu teknik Arsitektur pada jurusan ini biasanya mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Prospek kerja pada jurusan teknik arsitektur terbilang cukup tinggi dan luas. 

Seorang Arsitektur akan menuangkan ide, konsep dan desain secara matang dan penuh perhitungan. Kamu juga bisa bekerja hampir disemua perusahaan properti, konstruksi atau Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan BUMN lain di bidang konstruksi.

2. Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Belajar aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini pun dipecah ke dalam beberapa konsentrasi dan memiliki cakupan yang sangat luas.

Prospek kerja dibidang teknik elektro pun cukup tinggi dan luas mulai dari teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar, navigasi, hingga robotik. 

3. Teknik Industri

10 Jurusan Teknik Dengan Prospek Kerja Yang Tinggi 10 Jurusan Teknik3

Teknik industri nggak hanya akan belajar mengenai seluk beluk sebuah mesin manufaktur, tetapi kamu juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri. Karena itu, prospek kerja di jurusan ini pun sangat tinggi dan luas, mulai dari industri kecil hingga industri besar.

Kamu bisa bekerja di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

4. Teknik Kimia

Jurusan ini mempelajari tentang proses dan cara mengubah bahan baku mentah dan bahan kimia menjadi sebuah produk yang bernilai secara komersial dengan memanfaatkan proses-proses kimia.

Baca juga:  Apa Itu Artificial Intelligence?

Prospek kerja pada jurusan ini pun terbilang cukup tinggi dan luas, kamu bisa bekerja di industri kimia, perminyakan, farmasi, hingga menjadi konsultan.

5. Teknik Lingkungan

10 Jurusan Teknik Dengan Prospek Kerja Yang Tinggi 10 Jurusan Teknik4

Belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Prospek kerja pada jurusan ini pun cukup tinggi dan luas, mulai dari pengelolaan kesehatan lingkungan upaya pengendalian pencemaran, sistem drainase dan sebagainya. Lulusannya bisa bisa bekerja di industri-industri yang bergerak di bidang petrokimia, minyak, pertambangan dan sebagainya.

6. Teknik Mesin

Di jurusan ini, mempelajari prinsip-prinsip fisika pada analisa, desain, manufaktur dan pemeliharaan mesin. Memperdalam beberapa cabang ilmu teknik mesin seperti mekanika, kinematika, teknik material dan termodinamika.

Lulusan dari jurusan ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri itulah mengapa prospek kerja pada teknik mesin tinggi, mulai dari manufaktur, teknologi, otomotif, pertambangan dan sebagainya.

7. Teknik Nuklir

Eits, nuklir tidak hanya digunakan untuk bom atom saja, melainkan nuklir juga bisa dimanfaatkan untuk bidang medis, pembangkit listrik dan energi. Prospek kerja di jurusan ini terbilang cukup tinggi dan menjanjikan. Kamu bisa bekerja di perusahaan-perusahaan pertambangan, perminyakan dan perusahaan yang bergerak dibidang energi seperti PLN,  PLTN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan sebagainya.

Baca juga:  Tipe - Tipe Tones of Writing

8. Teknik Perkapalan

Jurusan teknik perkapalan mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan kapal, seperti perancangan dan pembangunan kapal, pengoprasian kapal dan bisnis pengoprasian armada kapal.

Kamu pun bisa bekerja di beberapa bidang karena prospek kerja pada jurusan ini cukup tinggi dan luas, misalnya pembangunan kapal baru, pembangunan sarana industri lepas pantai pemeliharaan dan reparasi kapal serta masih banyak lagi.

9. Teknik Perminyakan

10 Jurusan Teknik Dengan Prospek Kerja Yang Tinggi 10 Jurusan Teknik1

Pada jurusan ini mempelajari tentang penambangan fluida, yaitu berupa minyak bumi, gas alam dan panas bumi. Kamu dituntut untuk inovatif dalam menentukan teknik yang lebih efisien dalam menghasilkan energi dengan tingkat emisi rendah.

Prospek kerja jurusan ini terbilang cukup tinggi dan kamu bisa berkarir di perusahaan sektor migas nasional hingga internasional seperti Pertamina, Chevron, Total, Shell dan masih banyak lagi.

10. Teknik Sipil

Yang terakhir yaitu Teknik sipil, yang merupakan jurusan teknik yang sangat lekat dengan infrastruktur. Lulusan dari teknik sipil bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi atau pengembang.

Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan BUMN lain di bidang konstruksi.

  • Bagikan