15 Juta Akun Pengguna Tokopedia Diisukan Bocor (Tokopedia di Hack)

  • Bagikan
15 Juta Akun Pengguna Tokopedia Diisukan Bocor (Tokopedia di Hack) tokopedia 1

tekno, – Sebuah informasi mengejutkan muncul di internet dimana salah satu postingan di Twitter mengatakan bahwa ada lebih 15 juta pengguna dari Tokopedia sudah berhasil bocor atau dijebol. Data 15 juta akun pengguna Tokopedia dikabarkan bocor pada 20 Maret lalu dan diperjualbelikan di sebuah situs.

Adapun Database yang didapatkan berupa data dan entry yang sangat penting seperti email, hash kata kunci, nama dan sebagainya. Hal ini dicuitkan oleh akun @underthebridge yang mengaku sebagai layanan pengawasan dan pencegahan kebocoran data asal Israel.

Tokopedia merupakan salah satu E-Commerce berkonsep marketplace terbesar di Indonesia dengan jumlah puluhan juta pengguna yang ada saat ini. Dengan adanya kejadian ini tentunya membuat kita khawatir akan keamanan data pengguna yang sudah bergabung untuk mendaftar terutama yang sudah bertransaksi di Tokopedia.

Baca juga:  Android 11 Versi Beta Sudah Bisa Diunduh, Ini Cara Updatenya

Tangkapan layar berikutnya, akun pembocor informasi ini menyertakan sebagian akun pengguna yang bisa dibuka lewat situs tersebut. Tampak nama, email, dan nomor telepon pengguna muncul di situs.

“Seseorang membocorkan basis data Tokopedia, perusahaan teknologi besar asal Indonesia yang menjalankan Ecommerce,” tulis akun tersebut.

“Peretasan dilakukan pada Maret 2020 dan berpengaruh pada 15 juta pengguna, meski peretas menyebut masih banyak lagi. Basis data (yang diretas) termasuk email, hash password, nama,” lanjutnya.

15 Juta Akun Pengguna Tokopedia Diisukan Bocor (Tokopedia di Hack) tokopedia hack 3

Mengapa hal ini menjadi ancaman karena sang hacker telah berhasil membobol seluruh database termasuk Password hashes yang artinya juga data kita secara lengkap sudah bisa dikantongi oleh para hacker dan keamanan data kita juga terancam. Data-data yang bocor tersebut merupakan data yang SANGAT SENSITIF.

Nomor telepon bisa digunakan untuk membajak Kode OTP SMS. Tanggal lahir bisa digunakan untuk menembus pertanyaan keamanan. Jadi bagi kamu yang sudah pernah mendaftar di tokopedia dan menggunakan password yang sama di aplikasi lain seperti e-mail, FB, dll, dengan yang tersimpan di Tokopedia, harap untuk MENGGANTI PASSWORD SEKARANG.

15 Juta Akun Pengguna Tokopedia Diisukan Bocor (Tokopedia di Hack) tokopedia hack 2

Melansir dari IDcloudhost, melacak apakah informasi ini benar atau tidak dengan mencari salah satu data yang terdapat pada postingan twitter tersebut dengan Username : Chairulfajri. Yang benar saja, informasi yang diberikan benar adanya, bahwa akun dengan nama Chairulfajri ada di Tokopedia dengan alamat sebagai berikut : https://www.tokopedia.com/people/48533809 dan mendeteksi nomor hp yang digunakan menggunakan OVO yang ternyata benar dan valid keberadaannya.

15 Juta Akun Pengguna Tokopedia Diisukan Bocor (Tokopedia di Hack) tokopedia hack 4

 

Adapun saran yang bisa kita berikan adalah sebagai berikut :

  1. Segera Mengganti password Anda.
  2. Aktifkan layanan Verifikasi 2 Langkah untuk login aplikasi dan website apapun.
  3. Cek keamanan akun anda lainnya menggunakan https://haveibeenpwned.com apakah data Anda bocor atau tidak
  4. Setidaknya mempunyai 2 akun email yang berbeda yaitu akun personal dan akun buat register pada website/ Aplikasi.
Baca juga:  Cara Cek Sumber Foto dan Video Viral

Bagi Anda pengguna Kartu Kredit dan bertransaksi menggunakan tokopedia, diharapkan untuk segera melakukan antisipasi keamanan baik itu mengganti password, mencabut akses otomatis pembayaran di tokopedia dan lainnya, karena dikhawatirkan Akun Kartu Kredit (Credit Card) Anda bisa masuk pada database yang menyebabkan orang tersebut mendapatkan kunci akses untuk menggunakan kartu kredit Anda.

  • Bagikan