Dampak Corona, Produksi Smartphone Turun 12% di Awal Tahun 2020

  • Bagikan
Dampak Corona, Produksi Smartphone Turun 12% di Awal Tahun 2020 smartphone

detaktekno – Dampak Virus Corona, Produksi Smartphone Turun 12% di Awal Tahun 2020, Wabah virus corona yang terus berkepanjangan akan memangkas produksi smaprthone secara global pada kuartal pertama tahun 2020.

Dilansir dari Pikiran-rakyat.com dari The Guardian, kepercayaan konsumen di Eropa juga telah berkurang setelah virus corona menyebabkan kekacauan di beberapa sektor industri Tiongkok.

Lembaga riset pasar TrendForce memperkirakan 275 juta smartphone yang akan dibuat pada Januari-Maret turun sebanyak 12% dibanding tahun 2019 yakni 310 juta ponsel dalam 3 bulan pertama.

Produk-produk Apple diperkirakan akan turun 10% sementara Huawei turun 15%.

“Tertundanya pekerja dan ketidakpastian pengembalian karyawan akan menyebabkan ditundanya pengiriman komponen sehingga mempengaruhi kemajuan produksi ponsel pintar,” kata TrendForce

Selain itu lembaga riset Canalys meramal bahwa penjualan smartphone di Tiongkok dapat mengurangi separuh kuartal bulan ini akibat dari tutupnya toko ritel dan produksi yang menurun.

Dikutip dari Computing, Huawei diperkirakan hanya memproduksi 42,5 juta unit smartphone di bulan pertama tahun 2020.

Sementara vendor Korea Selatan, Samsung tidak akan terpengaruh wabah virus karena basis produksinya di Vietnam, hanya terdapat 2% pasar Samsung di Tiongkok.

Januari 2020 lalu, Apple dan Samsung mengumumkan bahwa perusahaannya tak akan membuka kantor lagi di Tiongkok.

Untuk Xiaomi, TrendForce turun sebesar 10% yakni hanya 10 juta unit, demikian halnya juga dengan Oppo 2,4 juta unit, dan Vivo hanya mencapai 1,7 juta unit.

Baca juga:  Bedanya Modem Internal dan Eksternal
  • Bagikan