Honda NSR Motor Legenda Terbaik Kala Itu

  • Bagikan
Honda NSR Motor Legenda Terbaik Kala Itu nsr

detaktekno, Motor – Awal mula, NSR telah mengadopsi rangka full deltabox murni yang biasa digunakan untuk motor balap.Motor bermesin 150 cc 2-tak ini, juga telah dilengkapi pendingin mesin radiator yang belum diadopsi motor sport lokal kala itu. Kecuali Kawasaki AR125 yang stop produksi lebih awal.Tidak lupa, desain Honda NSR 150 yang sporty punya andil besar dalam membuat ngiler para bikers yang melihatnya.

“NSR jadi motor dengan teknologi paling tinggi kala itu.

Mesinnya sudah pakai teknologi RC Valve yang membuat tenaga di setiap putaran terus mengisi. RC Valve sendiri merupakan perangkat tambahan berupa katup butterfly di lubang buang. Kerja katup ini dikontrol langsung oleh CDI.

Mekanisnya, katup butterfly akan menutup seperempat lubang saat putaran rendah, dan membuka lebar ketika RPM mulai meninggi.

Kerjanya, mirip katup KIPS pada Kawasaki Ninja 150 R saat ini. Kalau berbicara sejarahnya, awal NSR 150series masuk ke Indonesia mulai tahun 1994 lewat NSR 150 R. Meski harganya cukup tinggi, motor ini tetap laris manis di Tanah Air. 

Model ini bertahan hingga tahun 1998, dengan mengalami beberapa update pada warna, striping, dan bentuk behel. Tahtanya dilanjutkan dengan masuknya Honda NSR RR ditahun 1999. Varian ini juga akrab disebut dengan NSR Astra.

Honda NSR Motor Legenda Terbaik Kala Itu new nsr 150

Satu tahun kemudian, masuk NSR New RR di tahun 2000. Desain bodi model ini telah mirip dengan model NSR SP.Beda di desain swing arm dan mesinnya saja.

Tampilan warnanya juga lebih atraktif dibandingkan model Astra.

Sama seperti model Astra, NSR New RR sudah tidak dijual langsung oleh Astra Honda Motor (AHM).

Motor ini banyak dijual di para importir umum.Model pamungkas di NSR 150 series ini adalah NSR 150 SP. Model ini menggunakan single arm yang menjadi ciri khas model ini.

  • Bagikan