4 Alasan Mengapa Anda Wajib Menggunakan VPN

  • Bagikan
4 Alasan Mengapa Anda Wajib Menggunakan VPN vpn 1
Vpn Cloudflare

detakteknoVPN (Virtual Private Network) atau jaringan pribadi virtual adalah layanan yang memungkinkan Anda membuat koneksi yang aman dan pribadi dari perangkat ke jaringan internet.

Sama seperti Anda melindungi informasi pribadi Anda seperti nomor telepon dan alamat Anda, Anda sekarang perlu melindungi informasi online Anda.

Di sini saya akan berbicara tentang 4 alasan penting kenapa Anda harus mulai menggunakan VPN sekarang.

Inilah Alasan Kenapa Anda Wajib Menggunakan VPN

1. VPN Melindungi Lalu Lintas, Data, dan Privasi Anda

Pernahkah Anda mengalami ada iklan online yang mengikuti Anda di berbagai situs web? Mungkin sebelumnya Anda pernah mencari atau membeli produk secara online sehingga iklan yang relevan tersebut di tampilkan terus pada Anda sehingga sedikit mengganggu. Ya, itu terjadi karena pelacakan piksel pada situs web melacak pencarian Anda dan kemudian menyesuaikan iklan dan selalu menampilkan iklan untuk Anda.

Situasi di atas yang saya jelaskan hanyalah sebagian kecil dari masalah yang Anda sebagai pengguna internet harus berurusan ketika saat online. Saya bahkan belum menyebutkan masalah privasi yang menyertai penggunaan internet. Hanya untuk memberi Anda rasa tentang apa yang saya bicarakan, pertimbangkan fakta bahwa penyedia layanan internet atau ISP Anda mungkin menjual data penggunaan internet Anda untuk menghasilkan uang dari Anda saat Anda sudah membayar mereka untuk layanan ini. Singkatnya, jika Anda online tanpa VPN, Anda berisiko terhadap diri sendiri sebagai berikut:

  • Memberi peretas akses gratis untuk menguping komunikasi online Anda saat Anda menggunakan WiFi publik.
  • Mempermudah penjahat cyber, agensi pengawasan pemerintah, dan ISP untuk melihat apa yang Anda ketik di situs web yang tidak terenkripsi, halaman web apa yang Anda cari, dan file apa yang Anda unduh (itu hanya beberapa contoh).
  • Membiarkan ISP Anda menjual data penelusuran Anda ke pengiklan.
  • Mengakhiri kesulitan hukum untuk torrent file, dan membocorkan alamat IP Anda ke setiap anggota Swarm (jumlah total orang yang mengunduh dan mengunggah torrent).

Dengan menggunakan VPN, itu akan mencegah semua skenario mengerikan ini.

2. VPN Memungkinkan Anda Membuka Blokir Konten yang Anda Inginkan

Alasan kedua kenapa Anda harus menggunakan VPN adalah karena ada beberapa hal menjengkelkan dalam hidup seperti mendengar tentang serial TV baru yang keren untuk mengetahui nanti Anda tidak bisa menontonnya karena hanya tersedia di platform streaming yang tidak berfungsi di negara Anda. Sebut saja Sky Go, Hulu, HBO GO, BBC iPlayer. Ada banyak situs web yang tidak akan membiarkan Anda menikmati konten mereka hanya karena Anda berasal dari negara lain.

Ya, mereka memiliki alasan untuk melakukan itu (peraturan hak cipta dan biaya lisensi), tetapi itu hampir tidak membuatnya adil. Yang terburuk, Anda akan berurusan dengan pembatasan geografis bahkan jika Anda tinggal di negara di mana Anda memiliki akses ke semua konten yang Anda inginkan. Lagipula, itu tidak lagi tersedia saat Anda pergi ke luar negeri berlibur, atau pindah sementara ke luar negeri untuk bekerja.

Dan jangan lupa tentang sensor internet! Jika geo-blok tidak menjadi masalah, pemerintah memberi tahu Anda apa yang bisa dan tidak bisa Anda tonton secara online. Banyak rezim yang menekan memaksa ISP nasional untuk memblokir berbagai situs web secara nasional. Ambil contoh Cina. Karena kebijakan internet yang ketat, penghuni dan pengunjungnya tidak dapat mengakses situs web populer seperti Facebook, YouTube, Twitter, Netflix, dan banyak lagi. Dan lagi ada firewall. Anda tahu – jenis pembatasan yang akan Anda tangani di tempat kerja atau sekolah jika admin jaringan harus memblokir situs web seperti Facebook atau Instagram untuk mematuhi kebijakan tempat kerja atau sekolah.

Lalu bagaimana VPN membantu Anda dengan semua itu? Sederhana – ini menutupi alamat IP asli Anda, yang berisi data yang membocorkan lokasi geografis Anda (info bahwa geo-blok harus efisien), dan firewall mana yang juga digunakan untuk memberlakukan pembatasan. Anda bahkan dapat memilih dari negara mana Anda ingin koneksi Anda berasal. Misalnya, Anda dapat memilih AS sebagai negara koneksi VPN Anda dan kemudian koneksi Anda tampaknya berasal dari AS sehingga Anda dapat mengakses semua konten yang dibatasi secara geografis atau di blokir oleh tempat kerja dan sekolah.

3. Dengan VPN, Anda Dapat Memotong Bandwidth Throttling

Apakah Anda pernah melihat penurunan tiba-tiba dalam kecepatan online setiap kali Anda mendownload sesuatu, menonton video online, atau Skipping dengan teman-teman Anda? Pada dasarnya itu adalah aksi dalam pembatasan bandwidth. Ini terjadi ketika ISP Anda mengurangi beberapa kecepatan Internet Anda karena Anda menggunakan “terlalu banyak data.” ISP cukup pintar dan mereka menyembunyikan perlambatan bandwidth dalam cara yang halus sehingga sebagian besar pengguna bahkan tidak menyadarinya. Anda mungkin memiliki koneksi internet kecepatan 50 Mbps. Namun, itu tidak akan sama di mana seperti ISP umumnya memperlambat kecepatan jika Anda mengakses torrent atau streaming konten 4K.

ISP mungkin mengklaim mereka melakukan itu untuk mencegah kemacetan jaringan, yang mungkin itu bisa dimengerti. Namun, biasanya, ISP menggunakan perlambatan bandwidth untuk menekan pengguna agar membeli langganan prices dan paket data. Mereka juga dapat menghemat uang dengan memastikan mereka tidak perlu membeli peralatan yang lebih mahal untuk memproses data pengguna lebih cepat.

Menggunakan VPN dapat mengatasi masalah ini. VPN mengenkripsi lalu lintas Internet Anda, memastikan ISP Anda tidak dapat melihat aktivitas Internet Anda. Tanpa info itu, ISP Anda tidak dapat lagi membatasi bandwidth Anda karena mereka tidak akan melihat apa yang Anda lakukan secara online.

4. VPN Menawarkan Pengalaman Permainan Game yang Lebih Baik

Bermain Game online dengan teman Anda sangat menyenangkan – setidaknya sampai Anda harus berurusan dengan larangan IP atau blok geo yang mengganggu yang mencegah Anda bermain di wilayah yang sama dengan teman Anda. Di situlah VPN berperan.

Itu menyembunyikan alamat IP Anda dan mengenkripsi lalu lintas Anda, memastikan Anda dapat menghindari larangan IP dari admin, mencegah perlambatan bandwidth yang menjengkelkan ketika bermain game, dan Anda dapat bergabung dengan pertandingan game di wilayah manapun yang Anda inginkan di mana pun Anda berada. Jika Anda memainkan game multipemain online, VPN dapat membantu mengurangi waktu ping dan jeda jika memiliki server yang solid di negara itu. Ini adalah keuntungan besar jika Anda bersaing dalam kompetisi game online karena setiap milidetik penting di turnamen game pro-level.

Selain itu, Anda juga mendapatkan fasilitas tambahan lainnya seperti:

  • Anda tidak perlu lagi khawatir tentang serangan DoS / DDoS dari pemain yang iri yang menargetkan Anda dan merusak killstreak Anda.
  • Anda mendapatkan akses instan ke permainan video yang dilarang atau tidak di sensor
  • Tidak lagi harus menunggu satu atau dua minggu hingga game baru dirilis di wilayah Anda karena Anda dapat “berpura-pura” Anda berasal dari wilayah lain di mana game tersebut sudah tersedia.
Cara Memilih Layanan VPN yang Tepat

Sebelum Anda memilih layanan VPN, pastikan Anda fokus pada beberapa fitur utama agar memiliki waktu yang lebih mudah menemukan VPN yang ideal untuk Anda:

  • Kebijakan larangan masuk
  • Enkripsi yang kuat
  • Aplikasi yang kompatibel lintas platform
  • Fitur Kill Switch
  • Dukungan P2P
  • Server cepat

Tentu saja, hal itu tidak mempersempit terlalu banyak karena banyak layanan VPN mengklaim menawarkan semua fitur ini.

Dan itulah 4 alasan penting kenapa Anda harus menggunakan layanan VPN mulai hari ini juga. Ada begitu banyak manfaat dan menghilangkan batasan ketika berselancar di internet dan juga meningkatkan keamanan data privasi Anda.

Baca juga:  Mengenal Lebih Jauh All In One Processor Pada Smartphone
  • Bagikan