Berikut Tips & Cara Mengatasi Motor Menjadi Brebet

  • Bagikan
Berikut Tips & Cara Mengatasi Motor Menjadi Brebet motor 2

detaktekno, Motor – Mengendarai sepeda motor dengan nyaman merupakan keinginan semua orang. Namun seringkali motor mengalami brebet saat digas pada rpm tinggi ataupun rpm rendah. Kasus tersebut menandakan bahwa ada yang tidak beres pada sistem pembakaran mesin, sehingga dibutuhkan penangan khusus agar masalah tersebut bisa cepat terasi. Untungnya cara memperbaiki motor Brebet tergolong cukup mudah dan tidak membutuhkan biaya terlalu besar.

Kami yakin sebagian orang belum mengetahui penyebab motor brebet dan cara memperbaikinya. Oleh karena itulah kali ini kami akan membahas mengenai apa saja penyebab motor brebet serta solusinya agar masbro bisa mengambil tindakan dini sebelum memperparah kondisi motor. Yah, kondisi motor memang harus selalu dijaga. Apabila dibiarkan begitu saja, maka motor terasa kurang nyaman dan tidak menutup kemungkinan bisa membahayakan keselamatan saat mengendarainya.

Coba masbro bayangkan mengalami motor brebet saat menyalip kendaraan atau berada ditengah-tengah jalan raya. Apabila apes kita bisa tertabrak pengendara di belakang, sehingga sangat membahayakan keselamatan. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka kita wajib menjaga kondisi motor agar terhindari dari brebet atau tersendat-sendat.

Nah, secara umum penyebab motor brebet dikarenakan oleh perbandingkan komposisi di ruang bakar tidak sesuai standar yang otomatis menjadikan pembakaran mesin kurang sempurna.

Baca juga:  Jenis-Jenis Mekanisme Katup Pada Mesin

Tidak hanya berjalan tersendat-sendat, motor brebet juga bisa berakibat mesin mati ditengah jalan. Masih ada beberapa penyebab motor brebet lainnya yang wajib masbro ketahui agar nantinya bisa melakukan perbaikan secara cepat ataupun sebagai pencegahan agar motor tidak brebet saat digas pada rpm tinggi ataupun rendah. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya.

1. Bahan Bakar Tidak Sesuai

Penyebab motor brebet atau tersendat yang utama adalah pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan pabrikan. Biasanya setiap pabrikan sudah menetapkan standar khusus yang disesuaikan dengan mekanisme mesin agar performa sepeda motor bisa lebih optimal. Untuk mengetahuinya masbro bisa melihat buku manual yang disertakan saat membeli motor baru.

Apabila disarankan untuk memakai bahan bakar RON tinggi, seperti Pertamax dan yang lainnya maka masbro harus menggunakannya agar terhindar dari mesin brebet. Sering kali pengguna sepeda motor tidak menghiraukan jenis bahan bakar yang digunakan. Rata-rata lebih memilih bahan bakar yang murah, seperti Pertalite atau Premium.

Padahal beberapa motor terbaru harus menggunakan Pertamax yang lebih optimal dalam hal pembakaran mesin. Nah apabila salah memakai bahan bakar, maka nantinya akan terjadi knocking pada mesin yang mengakibatkan motor brebet. Jadi solusinya adalah menggunakan bahan bakar yang sesuai dan disarankan oleh pabrikan.

Baca juga:  Berikut Ini Fitur-Fitur Yamaha X-Max Terbaru

2. Busi Kotor Atau Rusak

Salah satu penyebab motor tersendat-sendat atau brebet adalah masalah pada busi. Seperti yang kita ketahui bersama, busi bertugas sebagai sistem pengapian yang nantinya menjadi sumber api untuk pembakaran di ruang mesin. Jadi apabila busi dalam kondisi tidak prima, seperti kotor, terlalu renggang atau bahkan mengalami kerusakan, maka pembakaran di ruang mesin menjadi kurang sempurna dan mengakibatkan motor brebet.

Jarak busi yang terlalu renggang memang sangat berpengaruh terhadap sistem pengapian. Pasalnya hal tersebut akan mempengaruhi suhu pengapian busi yang secara tak langsung membuat pembakaran bahan bakar dan udara di dalam mesin kurang sempurna. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan kondisi busi masih bagus, dan apabila celah diantara busi lebih dari 1 mm, kami sarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

3. Filter Udara Rusak Atau Kotor

Filter udara juga bisa menyebabkan motor brebet. Pasalnya filter udara bertugas untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bahan bakar agar tidak tercampur dengan partikel kotoran dan debu, sehingga membuat pembakaran mesin lebih sempurna. Jadi apabila filter udara mengalami kerusakan ataupun kotor, maka tarikan gas menjadi terasa lebih berat dan bisa berakibat motor menjadi brebet.

Baca juga:  Tips Modifikasi Motor Agar Lebih Kencang dan Ngacir

Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan perawatan rutin terhadap filter udara. Masbro harus rajin membersihkannya agar sistem pembakaran tetap sempurna dan membuat laju motor tetap nyaman. Apabila filter udara sudah rusak parah, maka mas bro jangan segan-segan untuk menggantinya. Pasalnya filter udara yang rusak bisa menyebabkan motor brebet dan mesin mati secara mendadak.

4. Air Masuk Ke Tangki

Selain penyebab motor brebet di atas, masih ada beberapa penyebab lainnya. Salah satunya adalah masalah yang disebabkan oleh air yang masuk ke dalam tangki bahan bakar. Air yang tercampur dengan bensin akan mengakibatkan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran menjadi sedikit, sehingga pembakaran tidak berlangsung secara sempurna. Untuk mengatasi masalah motor brebet tersebut, ada baiknya masbro menguras semua isi tangki agar nantinya tidak ada air yang tercampur dengan bahan bakar.

  • Bagikan