Sebelum Mulai Usaha Kedai Kopi, Baca dulu ini

  • Bagikan
Sebelum Mulai Usaha Kedai Kopi, Baca dulu ini shutterstock
photo: shutterstock

detaktekno, Tips – Jika dulu minum kopi, rasanya sudah sudah sangat tua, saat ini minum kopi sudah menjadi tren budaya di Indonesia. Penggemar pun beragam, mulai dari remaja hingga dewasa, muda dan tua. Karena popularitasnya, sektor kopi tumbuh di Indonesia. Keberadaannya bahkan dapat ditemukan di setiap sudut kota.

Meski memiliki banyak penggemar, membuka usaha kedai kopi tidak semudah membuat kopi dalam cangkir. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhitungkan agar sektor kopi tidak berhenti di tengah jalan dan berakhir sia-sia.

Bagi kalian yang sudah menjalankan bisnis kopi atau hanya ingin membuka warung kopi,
berikut ini beberapa tips ampuh yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan banyak pengunjung

1. Pilih Lokasi Strategis

Setiap bisnis membutuhkan lokasi yang strategis. Pelokalan strategis adalah satu hal yang menentukan perkembangan bisnis Anda. Pengunjung akan senang jika lokasi kafe lebih mudah ditemukan dan dapat dilalui oleh banyak akses.
Anda harus memilih lokasi yang dekat dengan banyak orang. Misalnya, menemukan lokasi di dekat kampus, pusat perbelanjaan, sekolah, atau pusat administrasi.

2. Desain serta Konsep Kedai Kopi

Konsep bisnis adalah salah satu hal penting. Selain menjadi identitas untuk bisnis Anda, konsep dan desain juga dapat membantu menarik konsumen. Jika banyak konsumen yang tertarik, juga akan lebih mudah bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda.
Jangan lupa bahwa, apapun konsep dan desain yang Anda gunakan, Anda harus selalu khawatir tentang kenyamanan. Penikmat kopi membutuhkan ruang yang nyaman dan santai untuk menikmati kopi mereka.

3. Menawarkan harga bersaing

Mendesain harga sama dengan mendesain produk. Harga harus didasarkan pada siapa target pasar Anda. Jangan hanya menentukan harga tinggi jika coffee shop tidak menyediakan produk, layanan, dan fasilitas yang sesuai. Sebaliknya, jangan berikan harga terlalu rendah karena itu akan mempengaruhi laba bisnis Anda.

4. Layanan serta Fasilitas

Yang tidak kalah penting, layanan dan fasilitas akan menjadi daya tarik bagi pelanggan. Pelanggan akan merasa nyaman dan nyaman jika Anda memberikan layanan yang baik dan ramah.

Meski tempat untuk hangout, fasilitas yang ada juga harus diperhitungkan. Misalnya saja tempat ibadah dan koneksi internet. Koneksi internet juga merupakan fasilitas yang cukup diperhitungkan. Anda harus menyediakan akses internet yang cepat dan stabil

Bisnis kedai kopi merupakan jenis bisnis kuliner baru yang sangat menjanjikan. Yang paling penting dari beberapa tips di atas adalah bagaimana kalian juga harus belajar menjadi pesaing menjalankan bisnis. Jadikan itu salah satu referensi agar kedepannya bisa lebih berkembang dari sebelumnya

  • Bagikan