Apasih Itu Download dan Upload? Bagaimana Kita Mengetahui Nya

  • Bagikan
Apasih Itu Download dan Upload? Bagaimana Kita Mengetahui Nya upload download

detaktekno – Kali ini kita akan membahas Pengertian Download dan Upload secara lengkap dalam dunia Internet.

Sering kali kita melakukan Download, tapi kadang kita hanya setengah tau, bisa juga tidak tau apa itu Download.

Secara bahasa Download dapat diartikan Unduh, apa yang kita unduh?. Ya yang kita Unduh adalah sebuah data yang penting bagi kita di Internet. Data tersebut bisa video, gambar, audio, atau file-file lainnya.

Apasih Download ?

Download merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh user/pengguna untuk meminta atau merequest sebuah data dari komputer lain. Download biasanya dilakukan di Server Website. Download bisa juga kita artikan mengambil sebuah data yang telah diunggah oleh pengguna lain di dalam Internet.

Contoh: dari download adalah ketika kita ingin memainkan sebuah game di smartphone maka terlebih dahulu kita harus mendownload game tersebut. 

Apa Sih Upload ?

Jika Download adalah meminta file, maka Pengertian Upload adalah komputer yang memberikan file kepada orang lain. Dengan kata lain Upload merupakan sebuah proses yang dilakukan seseorang pengguna komputer untuk menaruh/mengunggah data ke dalam Internet. 

Tujuan dari Upload adalah untuk membagikan sebuah data komputer kepada orang lain.

Inti dari Pengertian Download dan Upload adalah Jika download itu kita meminta/mengambil. Maka upload itu adalah Memberi/Mengunggah sebuah data ke Internet.

Cara kerja Sistem Download dan Upload
  1. Pertama sebelum kita melakukan download yang perlu kita persiapkan adalah sebuah koneksi Internet. Sebuah perangkat untuk melakukan download Smartphone/Komputer. Dan yang penting itu adalah adanya file/data yang akan kita download.
  2. Selanjutnya, pengguna komputer akan mengunggah data ke server melalui jaringan Internet. Lalu data tersebut dapat diakses oleh siapa saja di Internet.
  3. Setelah itu kita merequest ke server untuk mendapatkan data tersebut/download. Setelah itu data tersebut akan masuk ke penyimpanan lokal kita.
  4. Untuk dapat masuk ke server untuk mendownload ktia membutuhkan linknya. Atau alamat tempat server tersebut. Misalkan kita ingin mendownload file di Google Drive, Drop Box, atau yang lainnya.
Baca juga:  Google Maps Rayakan Ulang Tahun ke-15 dengan Sejumlah Fitur Baru dan Icon

Nah setelah membaca artikel ini diharapkan, bisa menambah wawasan kita semua tentang Apa Sih itu Download dan Apa itu Upload.

  • Bagikan