Bafetimbi Gomis Jadi Rekor Hattrick Tercepat di Liga Champions

  • Bagikan
Bafetimbi Gomis Jadi Rekor Hattrick Tercepat di Liga Champions Bafetimbi Gomis 1

tekno, Bola – Sejak Piala Champions berubah nama menjadi Liga Champions pada tahun 1992, sudah banyak pemain yang mencetak lebih dari satu gol dalam sebuah pertandingan, namun mencetak tiga gol alias hattrick di ajang tertinggi sepak bola antar klub se-Eropa ini tentu menjadi sebuah hal yang istimewa.

Tak banyak pesepakbola yang mampu mencetak hattrick di Liga Champions, apalagi mencetak tiga gol dalam waktu yang cukup cepat. Pada akhir tahun 2011 lalu, sebuah rekor tercipta di pentas Liga Champions. Rekor itu tercipta saat Bafetimbi Gomis mencetak hattrick ke gawang Dinamo Zagreb.

Hat-trick itu diciptakan striker Prancis tersebut bersama Lyon di fase grup Liga Champions 2011/2012.

Hanya dalam kurun waktu 8 menit. Itu tercatat sebagai hattrick tercepat di di ajang tertinggi sepak bola antar klub se-Eropa ini dan belum tergantikan hingga sekarang.

Dinamo Zagreb 1-7 Lyon

Lyon bertandang ke markas Dinamo Zagreb pada matchday pamungkas Grup D Liga Champions 2011/2012. Laga itu digelar di Stadion Maksimir, Zagreb, Kroasia, 7 Desember 2011.

Lyon menang telak 7-1. Gomis memborong empat gol di menit 45, 48, 52, dan 70.

Tiga gol pertamanya yang dicetak hanya dalam kurun waktu delapan menit di laga tersebut membawa Bafetimbi Gomis mengukir rekor baru untuk hattrick tercepat di Liga Champions.

Mematahkan Rekor Mike Newell

Bafetimbi Gomis mencetak hattrick dalam kurun waktu 8 menit. ia mematahkan rekor sebelumnya, yakni hattrick 9 menit Mike Newell dari tahun 1995 (Blackburn 4-1 Rosenborg).

Kemenangan atas Dinamo Zagreb juga bermakna istimewa. Pasalnya, kemenangan itu memastikan Lyon mendampingi Real Madrid lolos ke babak berikutnya.

Laga itu takkan terlupakan oleh Lyon, terutama Gomis. Hattrick delapan menitnya dari laga itu masih belum tergantikan hingga kini. (bola)

  • Bagikan