Prosesor Snapdragon atau MediaTek, Pilih Yang Mana?

  • Bagikan
Prosesor Snapdragon atau MediaTek, Pilih Yang Mana? snapdragon vs mediatek

Sobat tekno, – Prosesor memang seringkali menjadi bahan pertimbangan utama saat kita akan membeli smartphone. Terutama memilih Prosesor yang bagus tentunya bisa bikin performa smartphone mulus dalam gaming.

Selain itu prosesor juga menjadi salah satu faktor penentu harga smartphone. Semakin bagus prosesor, semakin mahal pula harga smartphone nya. Lanjut ke pembahasan mengenai 2 prosesor yang tergolong jadi andalan pada smartphone ya.

Snapdragon

Prosesor Snapdragon atau MediaTek, Pilih Yang Mana? snapdragon 855

Snapdragon fokus ke banyak segmen mulai dari low end hingga high end. Untuk kelas low end, Snapdragon punya processor seri 400. Lalu untuk kelas menengah hingga menengah atas Snapdragon mengandalkan prosesor seri 600 dan 700. Berbeda dengan MediaTek yang hanya fokus ke segmen menengah.

Kemudian untuk segmen high-end, gaming atau premium ada seri 800 dengan Snapdragon 855 sebagai unggulan. Performa Snapdragon 855 tidak bisa disaingi oleh prosesor manapun, kecuali pendahulunya sendiri (Snapdragon 845) dan chipset kelas premium lain seperti Exynos 9820 dan Chip A12 Bionic.

Perbandingan

Jika dibandingkan, hasil skor AnTuTu Snapdragon 855 sendiri bisa dua kali lipat lebih tinggi dibanding MediaTek Helio P90 dan P70.

Skor AnTuTu memang bukan satu-satunya patokan untuk menilai bagus atau tidaknya prosesor. Namun melalui AnTuTu, kita bisa mengetahui secara cepat dan mudah prosesor mana yang paling bagus untuk gaming.

Dari segi performa, prosesor Snapdragon lebih cocok untuk gaming. Alasannya karena memiliki skor AnTuTu rata-rata lebih tinggi dibanding MediaTek. Namun sayangnya ada beberapa kekurangan Snapdragon yaitu harganya relatif lebih mahal dan membutuhkan RAM besar supaya bisa bekerja optimal.

MediaTek

Prosesor Snapdragon atau MediaTek, Pilih Yang Mana? helio p90

Untuk kelas premium atau high-end, prosesor MediaTek memang harus mengakui keunggulan Snapdragon. Bahkan untuk menyaingi Snapdragon 855 yang rata-rata punya skor AnTuTu di angka 360,000-an MediaTek sudah kalah jauh.

Sudah menjadi rahasia umum, masyarakat Indonesia akan membeli smartphone yang mengusung Snapdragon dibanding MediaTek. Hal itu membuat stigma MediaTek adalah chipset kelas dua.

Padahal, MediaTek menawarkan kemampuan yang tidak jauh berbeda dengan Snapdragon, lihat saja kemampuan chipset Helio P90 yang mampu mengungguli Snapdragon di beberapa situs benchmark.

Diakui memang pamor MediaTek masih kalah jauh, namun MediaTek terus meningkatkan inovasi dan brand awareness di pelanggan. Selain itu, MediaTek memiliki fokus yang berbeda dengan pabrikan semikonduktor lainnya, yaitu menggarap hanya kelas menengah.

MediaTek berupaya memberikan teknologi terbaiknya sesuai kebutuhan konsumen dengan harga yang lebih terjangkau.Tercatat ada 4 keunggulan MediaTek bila dibandingkan Snapdragon yaitu efisiensi daya, sistem co-pilot, multimedia.

Keunggulan

Chipset MediaTek jauh lebih hemat konsumsi daya dibanding Snapdragon. Juga diklaim bahwa MediaTek lebih mengunggulkan kekuatan AI dalam chip buatannya.

Skor benchmark MediaTek memang masih kalah soal kecepatan, tapi untuk AI MediaTek mengklaim lebih unggul. MediaTek berdalih situs benchmarking seperti AnTuTu belum siap mengukur teknologi AI.

MediaTek Helio P90 mendapatkan skor tertinggi dalam benchmark AI, yakni 19.496, mengungguli Snapdragon 855 yang mendapatkan skor 18.924.

Nah, dari pembahasan diatas kalian lebih favorit, Snapdragon atau MediaTek ?

  • Bagikan