5 Prospek Kerja Teknik Informatika Paling Populer

  • Bagikan
5 Prospek Kerja Teknik Informatika Paling Populer 5 Prospek Kerja Teknik Informatika
Foto: pngtree.com

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi digital yang semakin luas, kini hampir semua perusahaan membutuhkan karyawan dengan kemampuan pemrograman untuk meningkatkan sistem digitalisasi.

Inilah alasan mengapa lulusan jurusan Teknik Informatika (TI) belakangan ini menjadi salah satu jurusan yang banyak dicari oleh perusahaan.

Untuk meyakinkan dirimu, kali ini sedikit pembahasan mengenai 5 prospek kerja teknik informatika paling populer. Mau tahu karier apa saja yang bisa kamu fokus kan sebagai lulusan Teknik Informatika? Berikut beberapa diantaranya.

1. Programmer

Prospek kerja teknik informatika di era digital seperti saat ini, yang akan menjadi most wanted adalah seorang programmer. Sebab, dengan kemajuan teknologi, banyak perusahaan yang memiliki website, aplikasi, hingga program komputer namun kekurangan SDM untuk mengembangkannya.

2. System Analyst

Kamu tahu system Analyst? System analyst adalah profesi yang memiliki tugas menganalisis dan mendesain sistem yang akan digunakan oleh suatu perusahaan dan organisasi.

Sistem tersebut tentunya berkaitan dengan sistem jaringan komputer dan piranti lainnya yang berhubungan

Seorang system analyst dituntut untuk memberikan analisis dan mengetahui secara jelas kondisi dan keadaan sistem jaringan di suatu perusahaan.

Mulai dari system definition, database, hingga pengecekkan keadaan hardware sistem jaringan tersebut.

3. Network Administrator

Prospek kerja teknik informatika lainnya yang bisa kamu pilih ialah menjadi network administrator.

Seorang network administrator bertugas menjaga keamanan dan kontinuitas jaringan sistem yang digunakan. Kegiatan itu termasuk membuat komputer agar terkoneksi ke internet, membuat email server, FTP server, hingga DNS server.

Intinya, sebagai seorang network administrator, kamu akan mengelola serta menjaga seluruh sistem jaringan yang ada.

Karena tugasnya seperti itu, maka kamu pasti dibutuhkan banyak perusahaan. Terutama, perusahaan yang dasar usahanya sistem jaringan.

4. Konsultan ERP

Konsultan ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan profesi yang memberikan jasa konsultasi tentang pengembangan suatu sistem dengan software database tertentu.

Sebagai seorang konsultan ERP, kamu harus bisa memberikan solusi agar suatu perusahaan dapat melakukan kegiatannya secara efektif dengan pengeluaran yang lebih kecil.

Tak jarang, seorang konsultan ERP dituntut untuk memberikan solusi terkait pencarian data atau data mining dan pengumpulan data atau data warehousing. Untuk dapat menjadi seorang konsultan ERP, tentunya harus memiliki kemampuan untuk menggunakan sistem database tertentu, seperti Oracle atau SAP.

5. Game Developer

Sebagai seorang game developer, kamu bertugas membuat dan mengembangkan suatu permainan. Mulai dari membuat rancangan dasarnya, mendesain level permainan, hingga mengaplikasikan sistem-sistem tertentu di dalam permainan.

Adapun sebagai seorang game developer, kamu dituntut untuk menguasai berbagai macam operation system (OS), khususnya OS Android dan iOS. Selain itu, kamu harus terus update perkembangan video games yang ada agar kamu dapat membuat dan merancang permainan sesuai dengan kemauan pasar.

Coba kamu bayangkan, kamu bisa bekerja sekaligus bermain. Menyenangkan bukan? Apalagi, kalau video games besutan tersebut laku di pasaran. Wah, kamu pasti terkenal juga. Keren sekali kan!

  • Bagikan