Tips Menghemat Paket Internet Agar Tidak Boros

  • Bagikan
Tips Menghemat Paket Internet Agar Tidak Boros Tips Menghemat Paket Internet Agar Tidak Boros
Foto : pngtree.com

Kuota internet kini sudah menjadi pengeluaran rutin yang harus diperhitungkan tiap bulan, walau terkadang masih saja bisa menguras kantong pelan-pelan? Jika sobat tekno merupakan seseorang yang bertipe hemat pastinya donk paket internet harus wajib pakai selama 1 bulan.

Bagaimana tidak? Pastinya akan sangat kebingungan kalau ternyata sudah kehabisan kuota. Hmm. Apalagi kalau kehabisan duit pula, mungkin sudah sesak nafas dibuatnya.

Tapi, jangan khawatir, kali ini ada tips menghemat paket internet agar tidak boros? Dibawah ini cara terbaik yang bisa sobat lakukan, gampang dan ampuh, lho! Dengan begitu menghemat kuota internet, itu juga berarti kamu menghemat keuangan!

1. Pakai Mode Offline

Untuk bisa menghemat, cara pertama adalah dengan menggunakan mode offline yang ada di sejumlah aplikasi. Sebagian besar aplikasi yang sobat pakai mungkin selalu bersinggungan dengan internet. Tapi, ada juga kok aplikasi-aplikasi yang menyediakan mode offline.

Adapun aplikasi yang dimaksud antara lain, Youtube, Google Maps, Maupun situs streaming salah satunya Netflix. Youtube, sejak beberapa tahun belakangan menghadirkan fitur download.

Fitur ini dimaksudkan agar penggunanya biasa menikmati konten secara offline tanpa mengandalkan internet.

2. Matikan Paket Data

Opsi berikutnya yang bisa sobat tekno terapkan adalah dengan mematikan paket data. Hampir di semua smartphone saat ini sudah pasti ada opsi untuk mematikan paket data atau koneksi internet. Tujuannya sudah pasti untuk menghemat.

Pakailah koneksi internet ketika hanya dibutuhkan saja. Jika tidak dibutuhkan, maka sebaiknya dimatikan saja.

Seperti misalnya, pada saat sobat tertidur atau sedang berada di dalam perjalanan. Dengan mematikan sejenak paket data, maka minimal sudah bisa menghemat.

3. Mematikan Auto Download atau Auto Update

Sobat tekno termasuk pengguna yang memiliki aplikasi di dalam smartphone? kalau begitu, pastikan sobat mematikan fitur auto download atau auto update yang ada di toko aplikasi digitalmu, seperti Google Play Store dan App Store.

Karena jika tidak dimatikan, maka smartphone akan secara otomatis memperbaharui aplikasi yang sobat miliki.

Semakin banyak aplikasi yang diminta diperbaharui maka akan semakin banyak kuota internet yang akan tersedot.

4. Nyalakan Notifikasi Peringatan Data

Menghemat paket internet sejatinya dimulai dari dalam diri. Sobat harus membatasi penggunaan internet dengan menyesuaikan pengeluaran untuk membeli paket internet.


Agar tidak kebablasan dalam penggunaan, Sobat bisa kok mengaktifkan notifikasi peringatan.

Notifikasi peringatan ini biasanya bisa sobat temui dengan membuka menu Setting di Ponsel sobat. Atur penggunaan data yang sobat mau pakai saja.

5. Pakai Browser Yang Efisien

Tahukah sobat jika browser yang sobat pakai ternyata juga menjadi sumbangsih besar terhadap borosnya paket internet? Nah, agar mencegah hal itu terjadi, Sobat harus cermat dalam memilih aplikasi browser yang sesuai.

Ada beberapa browser yang ternyata hemat penggunaan kuota internet, salah satunya adalah Opera Mini. Banyak yang merekomendasikan browser ini dan sudah terbukti ampuh menghemat kuota internet sobat.

Namun, ada beberapa penyesuaian ketika sobat ingin menggunakan Google Chrome. Caranya adalah membuka menu setting dan aktifkan data saver.

  • Bagikan