5 Sertifikasi Penting Untuk Sukses di Bidang IT

  • Bagikan
5 Sertifikasi Penting Untuk Sukses di Bidang IT 5 Sertifikasi Penting Untuk Sukses di Bidang IT

Jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa jurusan IT (Information Technology), kamu wajib memperbanyak skill serta pengetahuan yang lebih terkait teknologi terbaru, Baik berupa teknologi yang berkaitan dengan network, program, dan sebagainya. Hal tersebut sangat penting dalam menuju kesuksesan di bidang IT.

Pekerjaan di bidang IT saat memang tengah banyak diburu oleh perusahaan. Namun dengan catatan kamu wajib berkompeten dan memiliki sertifikasi ya, serta punya kemampuan sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Jika kamu ingin mendalami karir di bidang IT (Information Technology) pastinya kamu wajib tahu juga kompetensi apa saja yang banyak dibutuhkan. Berikut ini ada 5 sertifikasi penting untuk sukses di bidang IT yang wajib kamu tahu. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini.

1. Cisco Certified Network Professional (CCNP)

Seseorang dengan memiliki sertifikat CCNP biasanya diakui mampu melakukan proses routing dan scalable jaringan seperti intranet di sebuah perusahaan atau kampus,

Untuk menjadi seorang dengan CCNP Sertifikat maka kamu harus melewati tiga buah ujian berkisar tentang routing, switching dan troubleshooting jaringan IP.

Biaya untuk ujian ini sendiri berkisar antara + 7 juta rupiah (500 US$) sekali ujian dan sertifikat ini hanya berlaku selama tiga tahun.

2. Cisco Certified Network Associate (CCNA)

CCNA saat ini menjadi persyaratan wajib bagi engineer yang ingin terjun ke dunia teknologi informasi khususnya networking dengan spesialisasi di bidang keamanan, suara dan juga wireless networking.

Untuk mendapatkan sertifikat CCNA kamu harus melewati satu ujian tertulis selama 90 menit dengan biaya sekitar 4 juta rupiah (295 US$).

Sama seperti sertifikat CCNP, sertifikat CCNA hanya berlaku selama tiga tahun saja.

3. CompTIA A+

CompTIA A+ merupakan sertifikasi paling dasar dari CompTIA yang ditujukan bagi seorang yang ingin meniti karir menjadi seorang teknisi komputer.

Sertifikasi COmpTIA A+ kerap dijadikan salah satu bukti validasi kemampuan dasar di bidang hardware dan juga software.

Para pemegang sertifikat CompTIA A+ biasanya sudah bisa melakukan proses instalasi, konfigurasi, diagnosa dan mengelola jaringan pada skala kecil. Masa berlaku sertifikat CompTIA A+ adalah selama tiga tahun.

4. Project Management Professional (PMP)

PMP adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Project Management Institute, sebuah lembaga independen yang berada di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Orang yang memiliki sertifikat ini dianggap telah berhasil membuktikan bahwa dirinya layak memimpin dan mengatur satu tim dalam sebuah proyek.

Untuk mendapatkan sertifikat ini, kamu harus melewati satu ujian dan menjawab sekitar 200 buah pertanyaan, dengan biaya berkisar antara 3,5 juta rupiah setara 250 US$ hingga 8,3 juta rupiah (600 US$).

5. Microsoft Certified Solutions Expert (MCSE)

MCSE merupakan sebuah sertifikat profesi di bidang IT yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation, salah satu perusahaan IT terbesar di dunia.

Sertifikat ini dikeluarkan sebagai tolak ukur bagi orang-orang yang mampu menguasai berbagai sistem instalasi khususnya untuk sistem operasi buatan Microsoft, termasuk melakukan troubleshooting saat masalah terjadi di dalam sistem.

Biasanya berkisar di angka 2,1 juta rupiah (150 US$) per ujian dengan masa berlaku selama lima tahun.

  • Bagikan