Katanya Sih Main HP Waktu Isi Bensin Gak Bahaya Beneran?

  • Bagikan
Katanya Sih Main HP Waktu Isi Bensin Gak Bahaya Beneran? Waktu Isi Bensin
Designed by Freepik

Ada yang bilang kalau nyalain handphone (HP) waktu isi bensin bisa sebabkan kebakaran karena sinyal dari HP bisa nimbulin percikan api. Menurut ahli gimana nih?

Menurut Profesor Dr Chadima Gomes dari Universiti Putra Malaysia mengatakan bahwa:

“Sinyal dari ponsel berada pada intensitas yang sangat rendah, dengan frekuensi sekitar 2.4Ghz. Untuk membuat percikan api, dibutuhkan microwave yang bertenaga besar. Tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa sinyal ponsel cukup untuk membuat percikan api.”

Jadi kenapa masih ada kejadian orang main HP di pom bensin terus meledak? Mungkin karena 2 faktor ini nih.

1. HP Kondisi Tidak Normal

Hp yang punya masalah di kelistrikannya, misalnya pada baterainya, bisa saja menimbulkan percikan api. Kalau HP normal mah aman.

Baca juga:  Ini Bedanya Font Dengan Typeface

2. Karena Ada Listrik Statis

Jadi karena ada muatan listrik yang terkumpul di badan kita, terus mereka ngelompat ke benda lain sambil menimbulkan percikan api. Muatan listriknya timbul waktu badan atau baju kita gesekan dengan interior mobil. Yang kaya ini sih sering terjadi, keluar masuk mobil untuk cek notif HP.

Nah itu dia 2 faktor yang melarang kita main HP waktu isi bensin, supaya kita gak keluar masuk mobil dan menyebabkan listrik statis, terus bisa menimbulkan percikan api atau bisa juga dari faktor yang pertama yaitu untuk menghindari kalo ada HP yang kondisinya gak normal.

Intinya demi menjaga keselamatan kita dan orang lain tetap patuhi peraturan tersebut ya jangan main Hp ketika waktu isi bensin, kecuali kalo kalian mau mencoba membakar kendaraan dan pom bensinnya.

  • Bagikan