Tips Membaca Cepat Dengan Teknik Skimming

  • Bagikan
Tips Membaca Cepat Dengan Teknik Skimming Reading women
Designed by Freepik

Adakalanya setiap orang melakukan aktifitas membaca untuk sekedar mengisi waktu luang seperti saat sedang di menunggu bus, menunggu kereta bahkan juga sebagai pengisi waktu luang ketika bersantai.

Namun rata-rata dari mereka masih menggunakan cara membaca seperti biasanya yaitu membaca kata per kata, halaman per halaman, bab per bab.

Tapi tahukah kamu, ternyata ada cara efektif yang dapat mempermudah proses membaca loh, dengan kondisi bahwa sudah mengetahui terlebih dahulu kebutuhan apa yang ingin kamu dapat dalam membaca.

Contohnya: Kamu ingin menyelesaikan 1 buku bacaan dengan cepat atau hanya ingin mencari informasi tertentu untuk keperluan tugas, pekerjaan atau mungkin membaca bacaan karena ingin mencari fakta-fakta menariknya saja.

Jadi harus menggunakan cara atau teknik bagaimana agar kita membaca cepat namun efektif? yuk kita mengenal lebih jauh tentang teknik membaca cepat yang satu ini dijamin ketika kamu sudah menguasainya kamu bakal ketagihan untuk membaca.

Teknik skimming merupakan teknik membaca untuk menemukan gagasan atau inti utama pada bacaan tanpa membaca secara keseluruhan. Dengan teknik ini, kamu tidak perlu membaca kata per kata melainkan berlompatan dari satu bagian ke bagian lain untuk melihat pokok pikiran utama dari topu yang akan dibaca.

Bagaimana sih caranya membaca cepat menggunakan teknik skimming? yuk simak ulasan dan langkah-langkah nya berikut:

  1. Baca judul bacaan terlebih dahulu untuk tahu ide utama yang dibahas
  2. Hindari membaca isi buku kata perkata
  3. Jika terdapat sub bab, baca judulnya satu persatu dan coba untuk temukan korelasi antara sub judul.
  4. Baca dengan teliti paragraf akhir, karena umumnya paragraf akhir mengandung kesimpulan.
  5. Perhatikan juga ilustrasi (gambar/foto) jika ada, untuk memudahkan memahami isi bacaan tersebut.
  • Bagikan