VPS HOSTING
VPS HOSTING

Lebih Baik Mana Gambar JPG Atau PNG?

  • Bagikan
Lebih Baik Mana Gambar JPG Atau PNG? JPG VS PNG

Ada dua format file gambar nih yang sering kita gunakan, kedua diantaranya yaitu JPG (Joint photographic group) dan PNG (Portable network graphic). Dan semuanya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing tergantung kebutuhan kita.

Jadi lebih baik mana gambar jpg atau png? yuk simak pembahasan singkatnya mengenai kedua format file gambar berikut ini:

JPG (Joint photographic group)

Format file yang mendukung optimalisasi size gambar tanpa mengurangi bagian-bagian tertentu (lossy), namun tetap mengedepankan kualitas. Sering digunakan untuk kebutuhan fotografi.

Format gambar JPG ini memiliki fitur EXIF (Exchangeable image file). Dapat menyimpan informasi kapan, dimana dan tools yang digunakan pada foto tersebut.

PNG (Portable network graphic)

Memiliki fitur compress tanpa mengurangi sama sekali kualitas (lossless). Jadi format PNG akan mempunyai ukuran yang agak lebih besar. Biasanya gambar-gambar jenis ilustrasi dan vektor.

Format PNG ini memiliki fitur transparency dimana fitur ini bisa membuat sebuah gambar tanpa latar belakang.

JPG VS PNG

JPGPNG
Ukuran FileCenderung KecilAgak Sedikit Besar
KompresiLossyLossless
Sisi PemakaianUntuk FotografiUntuk Ilustrasi, Logo web
FiturMemiliki EXiF (Menyimpan Informasi)Dapat menyimpan file berupa Transparency (Tanpa latar belakang)

Pada dasarnya JPG dan PNG sama yaitu format untuk menyimpan sebuah file, namun tergantung dari kebutuhan kita yang bagaimana.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *