5 Bahasa Pemrograman Super Aneh Yang Bikin Geleng Kepala

  • Bagikan
5 Bahasa Pemrograman Super Aneh Yang Bikin Geleng Kepala bahasa pemrograman

Menjadi seorang programmer tentunya bukah hal yang mudah, dibutuhkan latihan dan belajar khusus terutama mengenai beberapa bidang bahasa pemrograman. Memang terkesan sulit terutama ketika kita baru ingin mempelajari bahasa pemrograman tersebut.

Tapi pernah nggak kepikiran ada bahasa pemrograman yang lebih sulit? Ternyata dari beberapa banyak bahasa pemrograman ada loh bahasa seperti itu.

Bahasa pemrograman apa itu? Berikut ini adalah 5 bahasa pemrograman super aneh yang bikin geleng-geleng kepala terutama buat kamu yang masih tahap belajar menjadi seorang programmer.

1. Brainfuck

5 Bahasa Pemrograman Super Aneh Yang Bikin Geleng Kepala brainfuck

Dari namanya saja super aneh nih, ternyata bahasa brainfuck adalah bahasa pengkodean esoterik yang diperkenalkan pada tahun 1993 oleh Urban Muller. Bahasa ini dipointer instruksi yang dimulai pada pemerintah pertama dan dijalankan secara berurutan.

Baca juga:  10 Skill Teknis Penting Front End Developer

Delapan perintah bahasa brainfuck adalah berupa simbol yang mana masing-masing simbol adalah perintah: <>+_.,[]

2. Cow

5 Bahasa Pemrograman Super Aneh Yang Bikin Geleng Kepala cow

Kalau yang ini bukan sapi ya guys, Cow ini bahasa pemrograman yang dirilis pada awal 2013. Cow memiliki variasi kosakata yang terbatas, bahasa cow terdiri dari variasi ‘moo’ yaitu mo0, Mo0, m0o, mO0, m00, Moo dan seterusnya.

3. Malbolge

5 Bahasa Pemrograman Super Aneh Yang Bikin Geleng Kepala malbolge

Malbolge adalah salah satu bahasa pemrograman terberat, faktanya setelah kedatangannya butuh waktu 2 tahun untuk menulis program Malbolge pertama. Bayangkan betapa sulitnya itu? Dikatakan bahwa penulis bahasa Malbolge tidak pernah menulis satupun program.

Ini adalah pengkodean esoterik domain publik yang dibuat oleh Ben Olmsted pada tahun 1998.

Baca juga:  Fakta Unik Seorang Programmer

4. Intercal

5 Bahasa Pemrograman Super Aneh Yang Bikin Geleng Kepala intercal

Intercal adalah bahasa compiler tanpa akronim yang dapat diucapkan. Intercal merupakan bahasa pemrograman esoterik yang dibuat oleh Don Woods dan James M.lyon. Pada saat yang sama, ia mengolok-olok aspek berbagai bahasa pemrograman.

5. Whitespace

5 Bahasa Pemrograman Super Aneh Yang Bikin Geleng Kepala whitespace

White Space merupakan bahasa pemrograman esoterik lain yang diperkenalkan oleh Edwin Brady dan Chris Morris. Dalam bahasa ini, karakter Whitespace seperti ruang, tab dan line feed memiliki makna. Interpreter mengabaikan semua karakter Non-Whitespace.

  • Bagikan