VPS HOSTING
VPS HOSTING

5 Skill Yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Machine Learning Engineer

  • Bagikan
5 Skill Yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Machine Learning Engineer Machine Learning Designed by Freepik

Mengutip dari Udacity, ternyata kita gak butuh punya background pendidikan Machine Learning Engineer, karena jurusan pendidikan ini bisa dibilang gak ada. Tapi kita butuh punya pengalaman sebagai Software Engineer dan Data Scientist untuk bisa jadi seorang Machine Learning Engineer.⁣⁣

⁣⁣Sebelum ngebahas soal skill yang harus dimiliki jika ingin menjadi Machine Learning Engineer, teman-teman tau gak sih apa sebenarnya Machine Learning Engineer itu?⁣⁣ Machine Learning Engineer adalah suatu pekerjaan dalam bidang IT yang bertanggung jawab buat ngebuat program yang memungkinkan mesin buat ambil tindakan tanpa arahan manusia.⁣⁣

⁣⁣Jadi, mesin yang sudah dibuat bisa belajar secara otomatis dari data yang sudah ada.⁣⁣ Nah, buat kalian yang mau jadi Machine Learning Engineer yang handal, ada beberapa tips yang bisa diperdalam biar kita bisa makin jago dan banyak dicari sama perusahaan. Di antaranya adalah:⁣⁣

⁣⁣1. Bahasa pemrograman⁣⁣

Ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa kita perdalam seperti bahasa Pyhton, bahasa C++, bahasa R dan Java. Namun kebanyakan orang lebih suka dengan bahasa Python, karena bahasa itu mudah dipelajari dan penerapannya lebih luas dibandingkan dengan bahasa lain.

2. Statistika⁣⁣

5 Skill Yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Machine Learning Engineer Data Science

Statistika menjadi hal penting yang diperlukan jika ingin menjadi Machine Learning Engineer. Seorang Machine Learning Engineer harus bisa memahami statistik, karena akan menghadapi ketidakpastian dari suatu data, juga harus memvalidasi model dari data yang diamati.

Selain pemahaman statistika, kita juga perlu memahami distribusi dan metode analisis seperti ANOVA (Analysis of Variance) dan pengujian hipotesis.

3. Dasar Ilmu Komputer⁣⁣

Seorang Machine Learning Engineer harus mengerti dasar-dasar ilmu komputer seperti struktur data, algoritma, komputasi dan arsitektur komputer. Cara biar kita bisa memperdalam dan mengasah dasar ilmu komputer adalah dengan mengerjakan soal latihan atau bisa juga dengan belajar coding.

4. Software Engineering dan System Design⁣⁣

Karena seorang Machine Learning Engineer akan menghasilkan perangkat lunak. Biasanya yang akan diciptakan adalah suatu komponen kecil yang cocok dengan ekosistem produk dan layanan.

Kita harus memahami bagaimana komponen-komponen ini agar bisa bekerja dengan baik. Gunanya untuk menghindari kemungkinan error.

5. Penerapan Algoritma dan Library Machine Learning⁣⁣

5 Skill Yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Machine Learning Engineer kaggle

Penerapan standarnya bisa melalui library/package/Api (misalnya Scilk-Learn, Theano, SPark MLlib, H2O, TensorFlow, dll). Gunanya agar dapat menghasilkan pemilihan model yang tepat dan penyusunan prosedur yang sesuai dengan data.

Belajar algoritma ini bisa lewat Kaggle loh, disana kita bakalan belajar cara yang bagus buat ngadepin berbagai macam masalah dan cara nyelesain masalahnya.

⁣⁣Nah, itu tadi 5 Skill yang harus dimiliki jika ingin menjadi Machine Learning Engineer.⁣ Mulai sekarang, yuk kita tingkatkan skill biar bisa jadi Machine Learning Engineer yang handal.⁣⁣

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *