Perbedaan Hacking, Ethical Hacking dan Jenis-Jenis Hacker

  • Bagikan
Perbedaan Hacking, Ethical Hacking dan Jenis-Jenis Hacker Hacking Ethical Hacking

Istilah Hacking memang telah menjadi bagian dari dunia digitalisasi hingga saat ini, terlebih lagi banyak orang yang mendefinisikan antara hacking dan hacker adalah istilah yang sama yakni dengan bertujuan kejahatan. Namun, apakah kamu sudah tahu arti dari hacking itu sendiri?

Bedanya Hacking Dan Ethical Hacking

Hacking adalah tindakan menemukan titik entri yang mungkin ada dalam sistem komputer atau jaringan komputer dan hingga berhasil mengambil alih komputer lain dan Ethical hacker biasanya penguji penetrasi jaringan yang menggunakan keterampilan hacking dan tool sets mereka untuk tujuan pertahanan dan perlindungan.

Ethical hacker yang merupakan profesional keamanan menguji keamanan jaringan dan sistem mereka untuk kerentanan menggunakan alat yang sama yang mungkin digunakan hacker untuk kompromi jaringan.

Sementara itu Hacker dapat dibagi menjadi tiga kelompok: White Hats, Black Hats, dan Grey Hats.

Biasanya ethical hacker masuk dalam kategori white-hat, tapi kadang-kadang mereka adalah mantan grey hats yang telah menjadi profesional keamanan dan yang menggunakan keahlian mereka dengan cara yang etis.

1.White Hats

White Hats adalah orang baik, ethical hacker yang menggunakan keterampilan hacking mereka untuk tujuan defensif.

2. Black Hats

Black Hats adalah orang jahat: hacker jahat atau cracker yang menggunakan keahlian mereka untuk tujuan ilegal atau jahat.

3. Grey Hats

Grey Hats adalah hacker yang mungkin bekerja secara ofensif atau defensif, tergantung situasinya. Ini adalah garis pemisah antara hacker dan cracker.

  • Bagikan