Mengenal ReactJS, Serta Alasan Kenapa Harus Mempelajarinya

  • Bagikan
Mengenal ReactJS, Serta Alasan Kenapa Harus Mempelajarinya ReactJS

Nah buat kamu yang ingin mendalami pemrograman web, ingin jadi front end? si ReactJS ini wajib kamu tau lho karena berdasarkan survey di stackoverflow , library ReactJs ini memang populer menduduki peringkat pertama pada kategori Javascript Library.

Fungsinya adalah tentu mendukung pembuatan aplikasi agar lebih cepat dan efisien. Yuk kenalan sama si ReactJS sekaligus simak 8 alasan lain kenapa kamu mempelajarinya di 2020 ini.

Apa Itu ReactJS?

ReactJS adalah sebuah library bahasa pemrograman Javascript yang dibuat oleh Facebook. ReactJS merupakan library yang bersifat open source. ReactJS digunakan untuk membangun sebuah User Interface pada Website, Mobile dan juga aplikasi Desktop.

1. ReactJS Mudah Dipelajari Dan Dikuasai

ReactJS adalah V dalam pola MVC (Model View Controller). Setiap Developer JavaScript akan merasa mudah untuk memahami dasar-dasar ReactJS dan mulai mengembangkan aplikasi berbasis web menggunakan teknologi ini dalam hitungan hari.

Baca juga:  5 Bahasa Pemrograman Untuk Game

2. Mudah Dalam Menulis Komponen

Menulis komponen menjadi lebih sederhana dengan JSX karena memungkinkan kamu untuk mengkombinasikan HTML dengan JavaScript. Karena jumlah aturan yang lebih sedikit, kamu dapat mendapatkan sumber yang lebih sederhana dibanding teknologi lain.

3. Mendukung Reusability Komponen

ReactJS memungkinkan kamu untuk menggunakan kembali komponen yang telah dikembangkan ke aplikasi lain yang menggunakan fungsi yang sama. Hal ini tentu menghemat waktu dan tenaga, ditambah dengan kepastian bahwa komponen kamu berfungsi dengan mulus dan tanpa cacat.

4. Memungkinkan Penciptaan Aplikasi Isomorfik

Aplikasi isomorfik atau JavaScript isomorfik memungkinkan penggunaan kode yang sama untuk komponen client-side dan server-side dari suatu aplikasi. Dengan ReactJS kamu dapat membuat komponen yang berfungsi dengan lancar pada kedua sisi server dan sisi klien.

Baca juga:  5 Bahasa Pemrograman Terpopuler Tahun 2020

5. Kinerja Lebih Baik Karena Virtual DOM

Hal ini dapat dengan mudah menghindari masalah ini berkat kehadiran DOM virtual. ReactJS memungkinkan kamu untuk membangun DOM virtual dan menghostingnya ke dalam memori.

6. Ramah SEO

Dengan ReactJS, kamu dapat mengatasi rintangan ini dengan mudah. ReactJS memungkinkan kamu untuk membuat antarmuka pengguna yang dapat diakses di berbagai mesin pencari.

7. Menghadirkan Tools Developer Langsung Dari Sumbernya

React hadir dengan fitur yang menghasilkan banyak poin brownies dari para Developer. React Developer Tools dirancang sebagai eksistensi dari dev Chrome.

8. Penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Berbasis Web Diuntungkan Oleh JavaScript Library

Sebagai Developer, kamu tidak dibatasi oleh penerapan templates, pola atau arsitektur kompleks apapun yang dapat berperan sebagai penghalang dalam proyek pembuatan aplikasi yang sedang dikerjakan.

Baca juga:  Bahasa Pemrograman Paling Populer Di Indonesia

Hal ini memungkinkan kamu untuk membangun sebuah aplikasi seperti yang kamu inginkan. Itulah sebabnya ReactJS terus mendapatkan popularitas di kalangan web dan aplikasi Developer.

  • Bagikan