Mengejutkan, Ini Dia Prediksi Nikola Tesla Yang Jadi Kenyataan

  • Bagikan
Mengejutkan, Ini Dia Prediksi Nikola Tesla Yang Jadi Kenyataan Nikola Tesla

Siapa sih yang gak kenal sama Nikola Tesla? Ya Bapak teknologi ini merupakan seorang penemu paling terkenal di dunia, Nikola Tesla (bahasa Serbia: Никола Тесла; lahir 10 Juli 1856 – meninggal 7 Januari 1943 pada umur 86 tahun).

Penemuan paling banyak dikenal kontribusinya adalah mendesain sistem listrik arus bolak-balik (AC). Ia memiliki hampir 300 paten terhadap temuannya itu.

Luar biasanya lagi, Nikola Tesla pernah membuat prediksi besar mengenai teknologi masa depan pada saat itu yang sekarang benar-benar nyata dan kita rasakan saat ini. Apa saja prediksi dari Bapak teknologi ini?

1. Munculnya Smartphone

Pada tahun 1926, Nikola Tesla pernah mengatakan bahwa akan ada sebuah perangkat nirkabel yang memiliki teknologi video dan telepon yang dapat terhubung ke jaringan mirip internet. Teknologi itu sekarang kita kenal sebagai smartphone.

Baca juga:  Bubbles, Fitur Terbaru Android 11 Untuk Aplikasi Messages

“Melalui televisi dan telepon kita dapat melihat dan mendengar satu sama lain, meski dalam jarak mil, seolah kita sedang mempertimbangkan”, Tesla,1926.

2. Surat Kabar Tidak Lagi Hadir Dalam Bentuk Cetak

Seiring dengan perkembangan teknologi, koran sebagai media cetak yang berisi berita sudah jarang dicari orang.

“Di Masa depan kita dapat menyaksikan sebuah peristiwa besar, pelantikan presiden, pertunjukan seni di berbagai belahan dunia, bencana alam dan berbagai pertempuran, seolah kita berada disana.” Tesla, 1926.

3. Diciptakannya Mesin Yang Melakukan Pekerjaan Manusia

Pada sebuah wawancara, Tesla pernah memprediksi bahwasannya dimasa yang akan datang. Berbagai aktivitas akan didominasi oleh mesin dan peran-peran manusia banyak tergantikan.

Baca juga:  Lewat Aplikasi Google Earth Kamu Bisa Lihat Bintang Dan Bimasakti Sekarang

Dan benar saja hari ini sudah banyak mesin yang menggantikan pekerjaan manusia. Contohnya saja di sistem parkir atau jalan tol, yang saat ini sudah menggunakan kartu dan mesin otomatis.

“Mesin dan robot-robot akan menggantikan peran manusia dalam banyak hal.” – Tesla, 1935.

4. Kecerdasan Buatan Dikembangkan

Pada tahun 1898, Tesla pernah memprediksi di masa mendatang akan ada mobil self driving, drone hingga semacam robot otonom. Tesla menggambarkan pendapatnya saat itu dengan coba mengendalikan perahu dari jarak jauh pada pameran listrik di Madison Square Garden New York.

Pada saat itu, banyak sekali orang yang menyaksikan demonstrasi kendali perahu jarak jauh Tesla. Dan benar saja, hari ini kita sangat familiar dengan drone yang bisa kita kendalikan sesuka kita.

Baca juga:  5 Cara Menghindari Serangan CyberCrime

5. Kesetaraan Gender

Ya ini bukan prediksi teknologi, Nikola Tesla juga pernah memprediksi bahwasanya kaum wanita akan setara bahkan mengungguli kaum pria. Dan lagi-lagi benar wanita dapat menjalankan profesi kaum pria termasuk menjadi kepala negara. Ada juga wanita hebat dalam teknologi, misalnya Susan Wojcicki (Ceo Youtube).

“Perjuangan para perempuan dalam menuju kesetaraan gender akan berakhir dengan perempuan sebagai superior” – Tesla, 1926.

  • Bagikan