VPS HOSTING
VPS HOSTING

5 Alasan Kenapa Gagal Menjadi Programmer

  • Bagikan
5 Alasan Kenapa Gagal Menjadi Programmer 5 Alasan Kenapa Gagal Menjadi Programmer

Menjadi programmer adalah pekerjaan yang menjanjikan dan menjadi programmer yang handal tidaklah mudah, perlu upaya keras dan ketekunan agar kita mampu menyusun kode-kode menjadi sebuah program-program web maupun aplikasi.

Satu hal yang harus kita sepakati adalah ada sebuah proses yang harus kita lalui untuk itu. Ada beberapa alasan yang harus kamu hindari agar tidak gagal ketika kamu ingin menjadi programmer handal.  Dan berikut lima alasan tersebut diantaranya:

1. Tidak Konsisten

Untuk menjadi seorang programmer selain ketelitian, pemahaman tentunya yang harus dimiliki ialah ketekunan. Karena tidaklah mudah menemukan satu bug dalam setiap proyek.

Salah satu kunci sukses adalah konsisten, memang terdengar sederhana karena yang ada di kepala adalah melakukan rutinitas dengan pengembangan diri. Namun pada kenyataannya, banyak dari kita yang bosan dan ingin segera mencari hal baru.

2. Malas Upgrade Ilmu

Kemajuan teknologi itu terus berkembang seiring perkembangan zaman, begitu juga bahasa pemrograman. Saat ini saja sudah ada lebih dari 50 bahasa pemrograman yang bisa dipakai dalam dunia pemrograman.

Jika kita terlalu nyaman dengan beberapa bahasa pemrograman saja dan apa yang telah kita pelajari sebelumnya maka tentunya kita akan tertinggal, perusahaan-perusahaan IT lebih mengutamakan menggunakan teknologi terbaru karena kemudahannya yang membuat pekerjaan jauh lebih efektif dan efisien.

3. Komunitas Buruk

Komunitas membantu kita mendapatkan ilmu dan koneksi baru, koneksi ini dapat membantu kita dalam mendapatkan informasi baru dan juga mencari pekerjaan. Kalau kita hanya berdiam diri dan tidak ingin membuka diri untuk berteman dan membangun komunitas yang baik maka kita tidak akan mendapatkan peluang pekerjaan, karena informasi yang kita miliki terbatas.

Selain itu, kita akan kesulitan jika menemukan masalah yang belum kita ketahui sebelumnya karena kita tidak bisa saling bertukar pikiran dengan programmer lain.

4. Ingin Cepat Pro

Belajar programming tidak bisa terburu-buru, bahasa pemrograman tidak dapat dipelajari hanya dengan satu atau dua kali percobaan.

Kuncinya adalah deliberative practice, yang artinya tidak mengulang itu-itu saja tapi menantang diri sendiri dengan hal yang diluar kemampuan yang ada saat ini, mencobanya, menganalisa performa sebelum dan sesudahnya, hingga memperbaiki kesalahan yang dilakukan. Lalu ulangi dan ulangi lagi.

5. Hanya Fokus Ke Uang

Menjadi programmer memang berpeluang mendapatkan profit yang menjanjikan. Namun fokus terhadap profit saja justru tidak akan menghasilkan banyak uang.

Jika ingin menjadi programmer handal dan sukses fokuslah pada pekerjaan yang kita senangi, dengan mencintai apa yang kita lakukan maka kita akan bersemangat, berkomitmen, berkreatifitas, mau belajar total, dapat menangkap peluang. Jika kita sudah total melakukan pekerjaan maka uang akan datang dengan sendirinya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *