VPS HOSTING
VPS HOSTING

Cara Cek Sumber Foto dan Video Viral

  • Bagikan
Cara Cek Sumber Foto dan Video Viral cara cek sumber foto
Freepik

Dapat kiriman foto atau video yang lagi viral? Hmm jangan langsung disebarin dulu, jangan-jangan itu hoaks. Mimin kasih bocoran nih cara cek sumber foto dan konten viral tersebut.

Langkah Utama

Untuk mengetahui apakah video atau foto itu benar baru terjadi atau sudah lama, perlu ditelusuri kapan video tersebut pertama kali tersebar di internet.

Pengecekan sumber awal video dan foto viral bisa dilakukan melalui desktop maupun dari smartphone lho Guys!, begini caranya:

Melalui Desktop

Cara Cek Sumber Foto dan Video Viral

1. Screenshot apabila konten berisis video. Pilih frame yang cukup unik dari video target, lalu screenshot, simpan di file. Kalau berupa konten foto, nggak perlu di screenshot ya.

2. Buka situs Yandex.com kemudian klik ‘Images’.

3. Upload file foto atau screenshot video, klik ikon kamera kemudian pilih ‘Select a File’. Pilih file foto atau screenshot video.

4. Pilih Similar Images

5. Cek Sumber Asli: Yandex akan menampilkan sumber dari frame gambar yang kamu upload. Klik sumber tersebut, lalu periksa apakah videonya sama dengan yang video yang dicek.

6. Cek Fakta: Kamu bisa merangkum dan membagikan temuan pengecekan yang sudah dilakukan. Dengan cara ini kamu bisa memeriksa keaslian konten itu, apakah hoaks, disinformasi, atau sesuai fakta.

Melalui Aplikasi

Cara Cek Sumber Foto dan Video Viral search image

1. Screenshot konten video, nggak perlu screenshot apabila konten berbentuk foto.

2. Download aplikasi Search by Image

3. Upload file screenshot.

4. Pilih ikon Search, kemudian tunggu hasilnya.

5. Cari dari hasil pencarian: Pencarian bisa tersedia dari Google, Yandex, dan Bing. Kemudian kamu bisa cari apakah ada sumber video dari ketiga website itu.

6. Cek Tanggal Video: Apabila tanggal video yang kamu cek berbeda jauh dengan video yang kamu temukan di aplikasi, tapi malah baru viral sekarang. Maka bisa dipastikan video tersebut hoaks.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *