Pekerjaan Yang Hilang Karena Perkembangan Teknologi, Profesi Kamu Juga Kah?

  • Bagikan
Pekerjaan Yang Hilang Karena Perkembangan Teknologi, Profesi Kamu Juga Kah? Pekerjaan yang akan hilang

Kemajuan teknologi berkembang pesat seiring perubahan zaman. Di era Revolusi Industri 4.0 di mana semuanya kita dituntut untuk tetap efektif dan efisien dalam melakukan pekerjaan.

Tak dapat dipungkiri lagi, kehadiran teknologi memiliki andil yang cukup besar dalam hidup manusia, Kemudahan yang ditawarkan lewat teknologi menjadikan setiap pekerjaan yang dilakukan terasa lebih mudah dibandingkan tanpa adanya teknologi seperti sebelumnya.

Namun, perkembangan teknologi juga memiliki dampak negatif untuk manusia. Sebab teknologi telah berhasil menggeser posisi manusia di dunia kerja. Oleh karena itu generasi muda diharuskan mempersiapkan diri untuk menghadapi era industri 4.0.

Nah, berikut ini beberapa pekerjaan yang diprediksi akan hilang akibat perkembangan teknologi pada masa depan diantaranya:

1. Agen Travel

Sekarang, bepergian ke luar kota bahkan luar negeri semakin mudah menggunakan teknologi smartphone. Hal ini membuat konsumen cepat beralih untuk memesan menggunakan metode digital.

Pemesanan yang serba online ini harus diantisipasi agen-agen travel yang masih menggunakan metode manual.

2. Kasir

Dalam beberapa tahun kedepan, robot dan teknologi diprediksi dapat menggantikan pekerja ritel. Akibat otomatisasi, porsi pekerjaan yang hilang di sektor ritel bisa lebih besar dari manufaktur.

Proses otomatisasi yang terjadi di sektor ritel lebih banyak mempengaruhi proses pembayaran otomatis sebagai pengganti dari kasir.

3. Pustakawan

Harga e-book cenderung jauh lebih murah dibandingkan buku fisik. Selain itu, kemudahan bagi para pembaca adalah mereka tidak perlu pergi ke perpustakaan ataupun toko buku karena cukup membuka e-book melalui smartphone.

4. Telemarketing

Keberadaan telemarketing dapat kalah dengan adanya kehadiran teknologi. Tidak ada prediksi mengenai kapan dan bagaimana penggantian telemarketing menjadi kombinasi teknologi dan robot.

Pekerjaan ini cenderung menurun karena publik sudah mulai terganggu dengan adanya telepon dikarenakan maraknya kasus penipuan telemarketing hingga pencurian database.

  • Bagikan