VPS HOSTING
VPS HOSTING

Cara Mudah Menghitung Halaman yang Sudah Dibaca, Aplikasi Goodreads

  • Bagikan
Cara Mudah Menghitung Halaman yang Sudah Dibaca, Aplikasi Goodreads Goodreads

Kamu pernah hitung berapa total halaman buku yang sudah kamu baca dalam satu tahun? Min Book sih selalu tiap tahun. Soalnya gampang banget karena pakai aplikasi hehe.

Buat yang belum tahu caranya, kali ini Min Book mau bagi-bagi tips supaya kamu bisa terus “on track” dalam tantangan membaca #10halamansehari

1. Pertama Install aplikasi Goodreads

2. Jika belum punya akun daftar sesuai petunjuk

3. Klik bagian My Books dan klik Reading Challenge 2021. Masukkan jumlah buku yang kamu targetkan akan kamu baca di tahun 2021.

4. Tentukan buku apa yang akan kamu baca, cari judulnya di kolom pencarian

5. Setelah menemukan buku, klik tombol berwarna hijau dibawah sampul, pilih currently reading.

6. Setiap kali kamu menyelesaikan membaca, klik update your progress dan masukkan halaman terakhir yang kamu baca.

7. Setelah selesai membaca satu buku, jangan lupa ubah currently reading menjadi read dan pastikan kamu memasukkan tanggal buku mulai dibaca dan selesai dibaca.

8. Cara mengeceknya:

Klik My Books -> klik 2021 Year in Books -> di kanan atas klik see next year. Maka jumlah buku dan jumlah halaman yang kamu baca sepanjang 2021 akan otomatis terlihat.

Catatan: berlaku untuk pengguna lama yang sudah pernah menggunakan Reading Challenge di tahun sebelumnya. Untuk pengguna baru akan muncul di akhir tahun.

Ingat-ingat ini!

1. Goodreads tetap akan otomatis menghitung jumlah halaman yang kamu baca meskipun kamu tidak memasukkan halaman yang dibaca setiap hari, asal setiap menyelesaikan satu buku, kamu langsung uba currently reading menjadi read dan masukkan tanggal buku mulai dan selesai dibaca.

2. Kalau baca beberapa buku secara bersamaan, ada baiknya memang memasukkan jumlah halaman yang sudah dibaca secara berkala dari masing-masing buku.

3. Memasukkan halaman terakhir yang dibaca berguna untuk memotivasi diri karena kita bisa melihat lagi perjalanan membaca buku itu setelah selesai dibaca.

Jika kamu rutin ikut Reading Challenge setiap tahun, maka kamu bisa bandingkan jumlah buku dan jumlah halaman yang kamu baca dari tahun ke tahun. (narasitech)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *