Cara Menghapus dan Menonaktifkan Post Revision WordPress Tanpa Plugin

  • Bagikan
Cara Menghapus dan Menonaktifkan Post Revision WordPress Tanpa Plugin Cara Menghapus dan Menonaktifkan Post Revision

Post Revision atau Revisi posting adalah cara bagi pengguna WordPress untuk menyimpan data sementara dari setiap versi posting yang berbeda dan kemudian mengembalikannya pada waktu tertentu jika perlu.

Post Revision ini merupakan fitur yang berguna bagi sebagian orang, akan tetapi beberapa orang merasa itu sama sekali tidak berguna karena database WordPress yang berantakan, menghabiskan ruang disk, dan biasanya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Untungnya, mimin memiliki cara untuk menonaktifkan revisi postingan dan mimin juga dapat membuang entri revisi postingan lama dari database WordPress untuk membuatnya lebih kecil dan lebih ringan.

Ada beberapa metode berbeda untuk menghapus revisi posting dari database WordPress. Banyak orang mencoba menghapus revisi WordPress dengan menjalankan query MySQL di database menggunakan fitur SQL seperti di dalam phpMyAdmin.

Mimin juga pernah kok menjalankan query MySQL untuk menghapus revisi posting waktu itu, namun baru-baru ini mimin menemukan cara yang rapi untuk mencapai hal yang sama bahkan tanpa meninggalkan WordPress.

Untuk menghapus revisi posting dari database WordPress tanpa repot, kamu dapat menempelkan potongan kode custom ini di file functions.php kamu dan mengunjungi situs web kamu sekali.

// hapus revisi posting dari wordpress
$wpdb->query( "
    DELETE FROM $wpdb->posts
    WHERE post_type = 'revision'
" );

Jangan lupa untuk menghapus kode ini segera setelah kamu menghapus revisi posting. Kamu hanya perlu menjalankan kode ini sekali dan tidak perlu menyimpan kode ini di file functions.php tema, karena akan selalu menghapus semua revisi postingan.

Juga, perlu diperhatikan bahwa setiap kali kamu mencoba melakukan sesuatu terhadap database situs kamu, backup terlebih dahulu. Karena kamu tidak pernah tahu kapan ada yang salah dan disitulah pentingnya sebuah backup data.

Oh ya! Adapun cara untuk menonaktifkan Post Revision ini secara mudah tanpa plugin yaitu lewat wp-config.php. Disini kamu bisa menonaktifkan Post Revision dan menset batas waktu selama 300 detik.

Cara tersebut mimin gunakan pada situs WordPress dan itu bekerja dengan baik dalam mengatasi Post Revision yang membengkak pada database. Berikut cuplikan kode yang bisa kamu salin dibawah dan kamu simpan di wp-config.php tepat sebelum /* That’s all, stop editing! Happy publishing. */.

// Nonaktifkan Post Revisions
define('AUTOSAVE_INTERVAL', 300); // seconds
define('WP_POST_REVISIONS', false);
  • Bagikan