Cara Membuat Permalink Custom untuk Halaman di WordPress

  • Bagikan
Cara Membuat Permalink Custom untuk Halaman di WordPress Cara Membuat Permalink Custom
Freepik

Permalink cantik adalah URL permanen untuk setiap posting pada blog kamu, halaman serta kategori, tag, dan daftar posting blog lainnya. Secara default, WordPress menggunakan string kueri ID pos sebagai aturan struktur permalink default tetapi semua itu tidak terlalu ramah untuk pengguna, dan juga tidak Ramah bagi Mesin Pencari (SEO).

Lebih baik merujuk pengunjung ke URL seperti https://www.domainkamu.com/blog/ daripada pengunjung membuka permalink seperti https://www.domainkamu.com/?page_id=928923. Itulah mengapa WordPress hadir dengan opsi untuk mengubah struktur default menjadi URL yang cantik dan dapat dibaca oleh manusia.

Sebagian besar pemilik situs web menggunakan ” /% postname% / ” sebagai struktur permalink cantik karena tentunya akan menghasilkan URL posting dan halaman yang akan mudah diingat.

WordPress menggunakan aturan struktur permalink default yang sama untuk semua entri dan daftar situs web. Namun terkadang kamu mungkin ingin menggunakan struktur permalink khusus hanya untuk laman pengoptimalan mesin telusur (SEO) yang lebih baik.

Misalnya jika kamu menggunakan awalan blog untuk semua posting blog (contoh: https://www.domainkamu.com/blog/tutor/) dan tidak ingin menggunakan awalan ini untuk halaman, maka kamu kurang beruntung karena WordPress tidak memberikan cara mudah untuk melakukan itu.

Pada artikel ini mimin akan menunjukkan kepada kamu cara mengubah aturan struktur permalink cantik untuk halaman sambil tetap menggunakan aturan standar untuk posting blog dan item lainnya.

Untuk menentukan aturan struktur permalink cantik khusus untuk laman, cukup tempelkan cuplikan kode ini ke file functions.php tema kamu. Dalam contoh ini, mimin akan menambahkan awalan halaman untuk halaman yang diikuti dengan judulnya.

Ini hanyalah sebuah contoh, tetapi kamu harus menggunakan aturan struktur permalink cantik khusus yang berbeda yang lebih cocok untuk situs web WordPress kamu.

//membuat permalink custom khusus untuk halaman di wordpress
function custom_page_rules() {
    global $wp_rewrite;
    $wp_rewrite->page_structure = $wp_rewrite->root . 'page/%pagename%/';
}
add_action( 'init', 'custom_page_rules' );

Dengan menambahkan kode ini tentunya tidak akan membuat halaman menggunakan struktur permalink custom baru dan kamu akan melihat halaman kesalahan 404.

Jangan panik, semuanya itu normal. Cukup kunjungi bagian pengaturan permalink cantik di panel admin WordPress dan WordPress akan memberlakukan aturan struktur permalink cantik yang baru.

  • Bagikan