VPS HOSTING
VPS HOSTING

Cara Membersihkan Database WordPress Menggunakan Plugin WP-Optimize

  • Bagikan
Cara Membersihkan Database WordPress Menggunakan Plugin WP-Optimize Cara Membersihkan Database WordPress Menggunakan Plugin WP Optimize 1

Jika website kamu dibangun dengan menggunakan CMS WordPress, maka ada banyak pilihan untuk menyesuaikannya dengan berbagai plugin, tema, dll. Kamu dapat menginstal plugin dan tema apa pun tanpa batasan apa pun.

Namun, setiap kali kamu membuat perubahan atau memperbarui situs WordPress kamu, database WordPress kamu juga akan semakin membesar. Jadi, perlu adanya kamu untuk Mengoptimalkan database WordPress untuk mendapatkan kinerja yang lebih cepat seperti awal instalasi.

Mengapa Kamu Harus Mengoptimalkan Database WordPress?

Saat kamu mengaktifkan plugin apapun, beberapa tabel dibuat di database WordPress kamu. Tetapi setelah menghapus plugin, data yang tidak diperlukan tersebut masih ada di database kamu. Nah, ada beberapa cara agar data yang tidak diperlukan tersebut dapat disimpan dalam database.

Misalnya, jika kamu mengedit postingan atau halaman di situs kamu, WordPress secara otomatis menyimpan revisi baru tersebut ke database. Dengan cara ini database kamu akan penuh dengan revisi lama dan itu berarti database kamu membutuhkan lebih banyak waktu untuk merespons.

Dengan cara serupa, semua spam dan komentar yang tidak disetujui menambahkan tabel ekstra yang tidak perlu di database WordPress kamu.

Dengan membersihkan semua data yang tidak perlu ini dapat secara signifikan mengurangi ukuran database kamu dan juga dapat meningkatkan kinerja situs seperti semula. Dalam tutorial ini, mimin akan menunjukkan kepada kamu Cara Membersihkan Database WordPress Menggunakan Plugin WP-Optimize.

Cara Membersihkan (Mengoptimalkan) Database WordPress

Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan database WordPress kamu. Sekarang kamu dapat melakukannya melalui phpMyAdmin atau menggunakan plugin WP-Optimize. Mimin tidak menyarankan kamu untuk mengedit atau menghapus apa pun dari database kamu.

Karena, jika kamu melakukan sesuatu yang salah, maka seluruh situs web kamu akan rusak. Nah, karena web kamu adalah pengguna WordPress, ada beberapa plugin “pengoptimalan” yang tersedia untuk mengoptimalkan database kamu.

Tips: Sebelum melakukan apapun, buat terlebih dahulu cadangan file dan Database WordPress kamu untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga.

WP-Optimize

Cara Membersihkan Database WordPress Menggunakan Plugin WP-Optimize Wp Optimize

Dengan menggunakan plugin WP-Optimize, kamu dapat dengan mudah Membersihkan Database WordPress  yang dapat berjalan dengan efisiensi secara maksimal. WP-Optimize adalah plugin yang efektif dalam menghapus semua data yang tidak perlu misalnya komentar sampah / tidak disetujui / spam, transien, pingbacks, trackbacks dan opsi sementara yang kadaluarsa hanya dengan satu klik.

Plugin ini juga tersedia versi gratisnya, dan untuk opsi yang lainnya kamu bisa meningkatkan dengan membeli versi premiumnya setelah itu kamu hanya perlu mengaktifkannya.

Cara Membersihkan Database WordPress Menggunakan Plugin WP-Optimize WP Optimize1

Setelah mengaktifkan plugin WP-Optimize, kamu akan melihat beberapa opsi pengoptimalan yang disebutkan di atas. Sekarang periksa semua opsi dan klik “Jalankan semua pengoptimalan yang dipilih sekarang”. Setelah ini, seluruh Database WordPress kamu akan dioptimalkan.

Fitur Utama:

  • Optimalkan tabel database.
  • Bersihkan semua revisi posting.
  • Hapus komentar dan komentar spam di sampah.
  • Bersihkan semua postingan dan postingan draft otomatis di sampah.
  • Hapus komentar yang tidak disetujui.
  • Hapus pingback, trackback, opsi transien yang kadaluarsa.
  • dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Membersihkan Database WordPress adalah suatu keharusan untuk dapat meningkatan kinerja situs WordPress. Saat kamu memperbarui situs web kamu secara teratur, banyak file yang tidak perlu dibuat secara otomatis oleh revisi posting, komentar yang tidak disetujui / dihapus, plugin yang dihapus, dll.

Jadi, jika kamu Mengoptimalkan database WordPress, kamu dapat  meningkatkan kecepatan situs kamu dengan cukup mudah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *