VPS HOSTING
VPS HOSTING

Celah Hacker di Aplikasi SHAREit

  • Bagikan
Celah Hacker di Aplikasi SHAREit Celah Hacker di Aplikasi SHAREit

Seorang peneliti di perusahaan keamanan siber mengungkap bahwa dalam aplikasi SHAREit terdapat celah berbahaya yang dapat mengancam perangkat smartphone, khususnya Android. Seperti apa ancamannya? Cek, ya!

SHAREit sudah diunduh oleh 1,8 miliar pengguna diseluruh dunia dan menjadikan SHAREit sebagai aplikasi yang banyak diminati orang karena kemudahannya dalam membagikan data, file, hingga aplikasi secara lokal antar sesama pengguna.

Mengapa Berbahaya?

Setelah diteliti, bug yang terdapat dalam aplikasi SHAREit ternyata dapat dieksploitasi untuk menjalankan kode berbahaya.

File atau aplikasi yang dibagikan lewat SHAREit ternyata bisa mengirim perintah berbahaya ke aplikasi.

Selain itu, saat melakukan transfer data, ternyata hacker bisa menyerang melalui jaringan tersebut.

Apa Dampaknya?

Celah berbahaya yang dapat disusupi peretas ini ternyata berdampak pada pembajakan fitur aplikasi SHAREit untuk menjalankan kode khusus, menimpa file lokal aplikasi, hingga sangat mungkin terjadi penginstalan aplikasi lain tanpa sepengetahuan pengguna.

Man-in-the-disk

SHAREit memiliki installer aplikasi Android miliknya sendiri, membuat SHAREit rentan terkena serangan Man-in-the-disk.

Serangan ini mengincar ruang penyimpanan ponsel sehingga hacker bisa menghapus, mengedit, atau mengganti aplikasi tersebut, karena instalasi aplikasi disimpan ditempat penyimpanan publik bukannya privat.

Sumber: suara, detikcom, narasitech

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *