6 Aplikasi Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos

  • Bagikan
6 Aplikasi Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos 6 Aplikasi Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos

Penyimpanan gratis yang disediakan oleh Google Foto dikabarkan akan berakhir pada bulan Juni 2021. Setelah itu pengguna gratis Google Photos dan semi-reguler akan diminta untuk membayar biaya berlangganan lewat skema Google One.

Ini merupakan layanan penyimpanan berbayar terbaru Google yang dimana pengguna harus berlangganan layanan ini mulai dari harga US$2 per bulan (Rp 28.338; kurs Rp1 4.169.35) di Amerika Serikat. Dengan melakukan berlangganan layanan tersebut, pengguna dapat penyimpanan 100 GB hingga diskon pembelian di Google Store.

Namun, pengguna tidak perlu merasa bimbang kerana masih memiliki berbagai aplikasi penyimpanan foto lain di luar selain Google Photos yang menawarkan penyimpanan foto secara langsung. Yuk simak berikut beberapa aplikasi tersebut.

1. Amazon Photos

6 Aplikasi Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos Amazon photos

Bagi yang ingin mencari aplikasi penyimpanan foto gratis, Amazon Photos adalah alternatif pertama sebagai aplikasi penyimpanan foto yang boleh kamu gunakan. Selain foto, pengguna juga boleh menyimpan video dan file-file lainnya dalam penyimpanan berbasis cloud, tetapi ingat ini dibatasi dengan batas 5GB saja untuk versi gratis.

Seperti Google Photos, Amazon Photos juga membenarkan pengguna untuk menyimpan foto pada kualitas HD dan secara otomatis akan menyinkronkan foto tersebut, yang mana boleh dibagikan dengan pengguna lain yang mendaftar dengan paket berlangganan yang sama.

2. Dropbox

6 Aplikasi Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos dropbox

Dropbox merupakan salah satu aplikasi populer untuk penyimpanan foto, yang mana boleh digunakan seperti Google photos. Pengguna juga dapat menyinkronkan foto pada smartphone secara otomatis melalui aplikasi Dropbox.

Dropbox juga merupakan salah satu layanan penyimpanan yang mempunyai integrasi paling lengkap dengan layanan pihak ketiga. Akan tetapi, pada versi gratisnya pengguna hanya mendapatkan jatah 2GB untuk penyimpanan dan untuk menambah kapasitasnya lebih mahal dari yang lain. Namun Dropbox mengklaim bahwa ia menawarkan keamanan penyimpanan file yang baik.

3. Flickr

6 Aplikasi Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos flicker

Flickr adalah aplikasi layanan penyimpanan foto yang menargetkan pada fotographer profesional atau fotographer pemula yang ingin mencari tempat untuk menyimpan dan menjual foto berkualitas tinggi dan kini boleh digunakan oleh pengguna biasa.

Flickr menyediakan ciri auto-syncing atau upload individu bagi mereka yang hanya ingin menyimpan beberapa foto. Versi gratis pada aplikasi ini menawarkan penyimpanan hingga 1 TB, tetapi kini lebih bersyarat pengguna biasa hanya dapat menyimpan 1.000 foto saja.

4. iCloud

6 Aplikasi Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos iCloud

Bagi pengguna iPhone yang ingin mencari alternatif Google Photos, tidak ada lagi yang terbaik seperti iCloud. Pada kenyataannya, ia adalah Google Drive bagi pengguna Apple yang mana memiliki layanan penyimpanan foto yang dikenali sebagai Foto iCloud.

Sama seperti Google Photos, iCloud juga dapat menyimpan foto dengan aman dan dapat diakses hampir pada semua perangkat. Pengguna gratis akan mendapat penyimpanan sebanyak 5GB, tetapi ia mempunyai pilihan untuk menambahkan kapasitas sampai 2TB. 

Sayangnya, iCloud hanya dapat diakses pada perangkat Apple saja, karena tidak ada dukungan untuk perangkat Android.

5. Mega.nz

6 Aplikasi Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos mega

Mega.nz adalah layanan penyimpanan yang mempunyai fungsi sama seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive. Bedanya pada aplikasi ini adalah Mega.nz menawarkan lebih banyak penyimpanan gratis sebesar 50GB. Sekiranya 50 GB masih tidak mencukupi, terdapat pilihan untuk pengguna meningkat kan kapasitas sampai 2TB.

Pada aplikasi Mega.nz sendiri mempunyai tampilan UI yang bersih dan mudah untuk digunakan, menjadikan aplikasi yang satu ini rekomendasi untuk digunakan sebagai penyimpanan foto. Selain itu aplikasi ini tersedia juga di platform lainnya seperti Android.

6. OneDrive

6 Aplikasi Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos onefrive

OneDrive adalah aplikasi penyimpanan yang sering dipilih untuk urusan bisnis (kerana Integrasi dengan aplikasi Office), tetapi ia juga dapat digunakan sebagai alternatif pilihan dari Google Photos. Pengguna dapat menggunakan aplikasi pada smartphone dan OneDrive secara otomatis akan menyinkronkan foto yang ada pada cloud.

OneDrive juga mempunyai galeri dengan ciri tag untuk memudahkan mencari gambar. Sama seperti Dropbox, dalam versi gratisnya ia hanya memberi jatah penyimpanan sebesar 5GB saja kepada pengguna.

  • Bagikan