VPS HOSTING
VPS HOSTING

Apa itu Bot? Cara Kerjanya dan Jenis-Jenis Bot

  • Bagikan
Apa itu Bot? Cara Kerjanya dan Jenis-Jenis Bot Apa itu Bot

Pada awal Maret 2021 sempat heboh pemblokiran akun ‘Dewa Kipas’ milik Dadang Subur oleh situs catur online profesional, Chess.com.

Dewa Kipas dianggap melakukan kecurangan karena memakai bantuan bot saat menang melawan pecatur Amerika Serikat IM Levy Rozman ‘GothamChess’. Jadi, bot itu bagaimana ya cara kerjanya?

Apa itu Bot?

Bot adalah sebuah perangkat lunak yang diprogram untuk melakukan tugas-tugas tertentu secara otomatis menggunakan internet. Bot sering digunakan untuk meniru atau menggantikan perilaku manusia.

Tugas yang dijalankan bot biasanya sederhana, namun memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari manusia.

Jenis-Jenis Bot

1. Download Bot

Bot jenis ini adalah program otomatis yang dapat digunakan untuk mengunduh perangkat lunak atau aplikasi seluler secara otomatis.

Download Bot dapat digunakan untuk mempengaruhi statistik unduhan, seperti mendapatkan lebih banyak jumlah unduhan di toko aplikasi populer.

2. Scraper Bot

Scraper adalah bot yang membaca data situs web untuk disimpan secara offline dan digunakan kembali.

Scraper bot biasanya disalahgunakan untuk mencuri konten yang sensitif atau memiliki hak cipta.

3. Social Media Bot

Bot tersebut biasanya digunakan untuk secara otomatis menambahkan followers atau otomatis mengirim pesan secara massal.

Social media bot juga bisa digunakan untuk membuat akun palsu. Bot jenis ini sulit dideteksi karena bekerja dengan menunjukkan perilaku yang sangat mirip dengan pengguna media sosial sungguhan.

4. Spam Bot

Spam bot merupakan aplikasi internet yang dirancang untuk mengumpulkan alamat email. Terdapat dua jenis spam bot yang sering digunakan, antara lain:

  1. Credential Cracking, dapat memecahkan kata sandi untuk mendapatkan akses secara tidak sah ke suatu akun email.
  2. Form Spam, dapat secara otomatis memasukkan spam, seperti iklan atau tautan malware ke dalam formulir di situs web populer, biasanya berupa formulir komentar atau umpan balik.

5. Spider Bot

Spider bot atau web spider biasa digunakan untuk menjelajahi web melalui hyperlink, dengan tujuan mengambil dan mengindeks konten web.

Sistem Spider akan mengunduh HTML dan sumber daya lain, seperti CSS, Javascript, dan gambar, serta menggunakannya untuk memproses situs konten.

6. Ticket Bot

Bot Tiket adalah dapat secara otomatis membeli sebuah tiket acara secara online. Hal ini bertujuan untuk menjual kembali tiket tersebut, sehingga pelaku dapat meraih keuntungan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *