Awas, Perangkat di Sekitar Kita Ini Bisa Mengintaimu!

  • Bagikan
Awas, Perangkat di Sekitar Kita Ini Bisa Mengintaimu! perangkat yang mengintai

Pada tahun 2016, Direktur Intelijen Nasional, James Clapper menyebut nantinya semua perangkat elektronik yang terhubung dengan internet bisa menjadi media untuk mengidentifikasi, melakukan pengawasan, pelacakan lokasi, dan mendapatkan akses ke jaringan tau kredensial pengguna. Apa aja sih alat yang bisa mengintai kita?

1. CCTV

CCTV sudah bisa diakses dari jarak jauh menggunakan internet, misalnya jika ingin mengecek keadaan rumah melalui handphone dari luar kota. Sehingga menimbulkan celah ancaman bagi penggunanya.

Apolonio Garcia, President of HealthGuard IT Security, mengimbau para pengguna elektronik untuk tetap berhati-hati atas resiko keamanan yang bisa terjadi.

2. Kamera Laptop

Webcam adalah salah satu bagian laptop yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, namun juga bisa menjadi ancaman bagi penggunanya.

Kamera laptop tersebut bisa disusupi oleh hacker dan oknum-oknum tak bertanggung jawab, seperti merekam segala aktivitasmu, mencuri identitas, hingga menjual rekaman dari webcam-mu.

Menurut penelitian, video webcam perempuan biasa dijual seharga US$3 hingga US$5 (Rp44 ribu hingga Rpy73 ribu).

3. Monitor Bayi

Seorang ibu, Heater Shreck pada tahun 2014, monitor bayinya telah diretas. Hal tersebut terjadi akibat cara kerja monitor yang memiliki sinyal terbuka.

4. Smart Car

Smart Car menawarkan kemudahan bagi para penggunanya berupa layar monitor yang bisa dikendalikan dengan perintah suara, sistem auto drive dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan adanya potensi penyalahgunaan.

5. Smart TV

Sejumlah Smart TV telah menggunakan kamera untuk melakukan pengenalan wajah dan fitur ‘Wake on LAN’ yang memungkinkan pengguna menyalakan TV melalui internet.

Mikrofon Smart TV juga selalu aktif untuk melakukan perintah penggunanya. Menurut Pusat Berkman untuk internet dan Masyarakat Harvard, hal tersebut menyebabkan potensi celah pengintaian.

Beberapa tips dari Apolonio untuk menghindari resiko pengintaian:

  1. Mengganti kata sandi dan nama pengguna pada perangkat secara berkala/
  2. Memisahkan penggunaan WIFI untuk laptop, iPod dan lain-lain, dengan alat keamanan seperti CCTV dan Baby Monitors.
  3. Memutuskan sambungan Smart TV dari cloud atau membatasi apa yang dibagikan oleh Smart TV.

Sumber: theguardian, wcpo,inet,detik, narasi.

  • Bagikan