Kok Instagram Music Belum Ada di Indonesia? Ini Alasannya

  • Bagikan
Kok Instagram Music Belum Ada di Indonesia? Ini Alasannya Instagram Music

tekno – Sejak pertama kali diluncurkan pada 2019 hingga saat ini Instagram Music hanya tersedia untuk pengguna di AS, Inggris, Australia, Selandia Baru, Swedia, Prancis, Kanada, dan Jerman.

Instagram Music adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan potongan lagu dalam video yang dibuat oleh pengguna. Fitur Music ini bisa digunakan untuk Reels dan Stories dalam bentuk Sticker.

Reels adalah fitur perekaman video pendek miri TikTok yang memungkinkan pengguna merekam sekaligus menyunting video pendek berdurasi 15 detik.

Kok Instagram Music Belum Ada di Indonesia? Ini Alasannya Instagram Music3

Para pengguna di Indonesia tidak bisa menambahkan lagu ke dalam Instagram Stories dan tidak bisa menikmati konten Reels yang memanfaatkan Instagram Music sebagai latar belakang video.

Baca juga:  Wow! Ini Adalah Salah Satu Fitur WhatsApp Terbaru Yang Diharapkan Untuk Tahun 2021

Untuk mendengarkan suara dari video yang diunggah Instagram Stories, pengguna cukup mengetuk konten yang sedang berputar tersebut.

Namun, jika konten tersebut mengambil suara dari Instagram Music, maka akan muncul notifikasi ‘Instagram Music isn’t available in your region’. Para pengguna di Indonesia hanya bisa menonton konten tanpa mendengarkan suara dari video tersebut.

Kok Instagram Music Belum Ada di Indonesia? Ini Alasannya Instagram Music2

Alasan Instagram Music Belum Ada di Indonesia

  • Client Partner Facebook Instagram Indonesia, Aldo Rambie, mengungkap bahwa hak cipta menjadi alasan kenapa fitur Instagram Music belum bisa dihadirkan di Indonesia.
  • Perusahaan Instagram memiliki sejumlah prosedur hukum yang harus dijaga karena tidak ada hukum universal untuk hak cipta dan pembajakan di wilayah dimana fitur tersebut tidak tersedia.
  • Instagram harus berkolaborasi dengan pihak ketiga hingga pemerintah untuk bisa mendapatkan hak cipta terhadap penggunaan lagu-lagu di Instagram Stories.
  • Facebook, perusahaan induk Instagram, membuat kesepakatan dengan Sony Music, Universal Music, dan Warner Music Group untuk menambahkan musik ke video.
  • Kesepakatan itu termasuk menambahkan musik di platform berikut: Facebook, Facebook Messenger, Instagram, dan Oculus.
  • Bagikan