Pengertian dan Apa Fungsi dari Eject Flashdisk

  • Bagikan
Pengertian dan Apa Fungsi dari Eject Flashdisk Pengertian dan Fungsi dari Eject Flashdisk

Saat menghubungkan Flashdisk ke perangkat desktop seperti Komputer dan Laptop kalian wajib mencabutnya dengan aman. Ini sudah menjadi hal wajib yang dilakukan oleh semua orang supaya Flashdisk yang mereka miliki tidak rusak.

Karena banyak informasi yang beredar bahwa mencabut Flashdisk yang terhubung ke perangkat desktop harus dilakukan secara aman alias tidak langsung dicabut begitu saja.

Jika dicabut begitu saja banyak permasalahan yang akan kalian alami seperti data di Flashdisk hilang, Flashdisk error, bahkan bisa menyebabkan kerusakan. Maka dari itu sebelum mencabut Flashdisk lebih baik di Eject terlebih dahulu.

Apa itu Eject?

Singkatnya Eject itu adalah pengaman Flashdisk supaya data yang ada di dalam Flashdisk tidak hilang atau rusak. Cara kerjanya setelah kalian memilih Eject maka sistem akan memberikan sinyal untuk memutus hubungan dengan Flashdisk.

Pengertian dan Apa Fungsi dari Eject Flashdisk Pengertian dan Fungsi dari Eject Flashdisk3

Jadi saat Flashdisk dicabut tidak ada hubungan yang sedang berlangsung. Selain itu sistem akan mengecek terlebih dahulu apakah ada proses, aplikasi, atau file yang berada di Flashdisk yang sedang dibuka.

Jika ada file di Flashdisk yang sedang dibuka nantinya kalian akan mendapatkan peringatan untuk menutup program terkait. Sebelum kalian tutup, melepas atau mencabut Flashdisk secara langsung tidak disarankan.

Fungsi dan Kegunaan dari Eject

Sudah jelas fungsinya yaitu untuk mengamankan Flashdisk dan isinya. Karena jika masih ada hubungan dan Flashdisk kalian cabut begitu saja maka Flashdisk tersebut rawan error. Sesekali duakali mungkin tidak akan masalah.

Akan tetapi jika terlalu sering hanya tinggal menunggu waktu saja sampai Flashdisk rusak dan data yang ada didalam Flashdisk tersebut tidak akan bisa kalian selamatkan. Seperti ketika kamu sedang melakukan update sistem, kalian tidak disarankan mematikan perangkat sebelum proses update selesai.

Pengertian dan Apa Fungsi dari Eject Flashdisk Pengertian dan Fungsi dari Eject Flashdisk2

Catatan :

Hanya perlu beberapa langkah dan beberapa detik, lebih baik kalian selalu melakukan Eject saat kalian menghubungkan Flashdisk ke perangkat desktop. Apa gunanya Flashdisk jika kalian tidak bisa merawat supaya data yang ada di dalamnya tetap aman.

Sama halnya memasang atau melepas Kartu SD di HP yang sedang menyala, sebenarnya hal tersebut tidak dianjurkan. Akan tetapi karena sistem di perangkat ponsel pintar sudah canggih hal seperti itu sering diabaikan.

  • Bagikan