5 Langkah Pintar Sebelum Membeli HP

  • Bagikan
5 Langkah Pintar Sebelum Membeli HP 5 Langkah Pintar Sebelum Membeli HP

Smartphone atau yang lebih kerap disebut dengan nama HP (handphone), menjadi salah satu alat yang paling penting digunakan sebagai sarana berkomunikasi atau mencari informasi. Untuk itu, sebelum membeli HP baru perlu kita perlu perhatikan beberapa faktor agar nantinya tidak menyesal ketika sudah terlanjur membeli.

Banyak variasi HP yang dijual di pasaran mulai dari tergantung penggunaannya. Misalnya jika ingin memakai smartphone untuk bermain game, setidaknya harus memiliki baterai minimal 4000 mAh.

Berbeda pula jika hanya menggunakan untuk sosial media, baterai besar tidak terlalu diperlukan, kecuali jika sering keluar rumah atau tidak ingin repot-repot membawa charger. Jadi harus pintar sebelum membeli sob! maka dari itu ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu.

1. Kapasitas Baterai

5 Langkah Pintar Sebelum Membeli HP Pintar Sebelum Membeli HP5

Jika hanya penggunaan HP untuk sosial media, maka hanya perlu baterai dengan kapasitas 3000mAh atau 3500mAh. Namun, jika digunakan untuk bermain game atau sering keluar rumah dan tak mau repot membawa charger maka perlu baterai dengan kapasitas minimal 4000mAh.

2. Ram dan Memori Penyimpanan

5 Langkah Pintar Sebelum Membeli HP Pintar Sebelum Membeli HP2

Jika kamu pengguna berat atau gamer maka diperlukan HP setidaknya yang memiliki RAM 4/64GB ke atas, meskipun beberapa game bisa dimainkan di perangkat dengan RAM 3/32GB.

Namun, jika hanya untuk kepentingan tugas atau mengakses media sosial, RAM 3/32GB pastinya sudah cukup untuk digunakan.

3. Kamera

5 Langkah Pintar Sebelum Membeli HP Pintar Sebelum Membeli HP3

Sebelum membeli HP, perlu dilihat juga fitur kameranya seperti jumlah kamera, ukuran megapixels, autofocus, mode manual, efek khusus, fitur selfie dan banyak lagi. Kalau hanya untuk gaming apa masih butuh kamera bagus sob? hehe.

4. Prosesor dan Hardware

5 Langkah Pintar Sebelum Membeli HP Pintar Sebelum Membeli HP4

Prosesor adalah otak dari sebuah perangkat yang mengelola keseluruhan kinerja. Ada banyak pilihan prosesor seperti Dual-Core, Quad-Core, Octa-Core, Snapdragon, Mediatek, dan lain-lain.

Kamu dapat melihat kecepatan pemrosesan yang disebutkan dalam istilah GHz (GigaHertz). Semakin tinggi nilainya maka semakin kencang kecepatan pemrosesannya.

5. Tampilan

5 Langkah Pintar Sebelum Membeli HP Pintar Sebelum Membeli HP

Jika hanya untuk gaming lebih baik pilihlah minimal ukuran layar 6,0 inci dan juga tingkat refresh rate tinggi. Namun, jika hanya untuk media sosial, layar yang lebih kecil sudah cukup.

Ada 2 jenis layar yang banyak beredar di pasaran yaitu LCD dan AMOLED. Perbedaannya terletak dalam proyeksi cahaya, kamu dapat menggunakan resolusi Full-HD, Full HD +, atau QHD.

  • Bagikan