Ternyata Ini Fungsi Refresh di Windows yang Sebenarnya

  • Bagikan
Ternyata Ini Fungsi Refresh di Windows yang Sebenarnya Refresh

Refresh adalah salah satu fitur yang ada dan telah disediakan Windows saat pertama kali diciptakan. Agar dapat melakukan refresh, hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan klik kanan pada desktop atau bisa juga menekan tombol F5 pada keyboard. Tak hanya pada desktop, refresh juga kerap dapat digunakan di sejumlah perangkat lunak lain seperti peramban (web browser).

Terlepas dari itu, barangkali kamu bertanya-tanya terkait fungsi dari opsi itu sendiri. Apakah merefresh Windows membuat kinerja sistem berjalan lancar? Apakah opsi ini membuat performa Windows semakin cepat? Atau mungkin opsi ini akan membersihkan memori komputer dan menyegarkan RAM? Sebenarnya, tidak ada satupun yang benar bahkan mendekati!

Mayoritas pengguna yang melakukan refresh tidak tahu atau miskonsepsi terhadap apa yang mereka kerjakan. Yang mereka dengar, refresh membuat performa atau kinerja sistem beralih ke kondisi semula. Karenanya, tak jarang pengguna yang melakukan refresh berkali-kali demi memenuhi tujuan tersebut.

Apa yang sebenarnya Refresh lakukan?

Refresh tidak ada hubungannya dengan performa ataupun kinerja komputer. Ketika kamu melakukan refresh, sebenarnya tidak terjadi apa-apa kecuali pada kondisi tertentu di mana komputer terhambat melakukan perubahan.

Sebagai contoh, kamu mengcopy-paste suatu berkas di folder namun folder tidak menampilkan berkas yang kamu minta. Oleh karenanya, disinilah opsi refresh diperlukan demi melangsungkan perubahan yang terjadi.

Ternyata Ini Fungsi Refresh di Windows yang Sebenarnya 185627209 764706687746699 8495527011666146419 n

Secara sederhana, fungsi refresh dapat berguna dalam situasi sebagai berikut:

  • Desktop tidak menampilkan berkas yang telah kamu buat, ubah, pindahkan, atau simpan;
  • Kamu perlu menyelaraskan ikon di desktop;
  • Berkas yang telah dibuat aplikasi pihak ketiga tidak muncul;
  • Dan situasi serupa lainnya di mana konten pada desktop atau folder tidak menerima perubahan seperti yang kita harapkan.

Kondisi-kondisi di atas sangat jarang terjadi karena mekanismenya Windows telah dirancang untuk melakukan penyegaran secara otomatis (auto refresh) ketika terdapat suatu perubahan.

Kenapa ada orang yang melakukan refresh berkali-kali?

Tradisi melakukan refresh berkali-kali ini masih banyak dilakukan hingga detik ini. Refresh telah menjadi semacam “Senjata Pamungkas” guna mengatasi kinerja sistem yang lambat.

Sederhananya, tidak ada alasan untuk melakukan refresh berkali-kali. Sekalipun Windows tidak melakukan perubahan sebagaimana mestinya, maka cukup merefresh halaman tidak lebih dari satu kali.

Ternyata Ini Fungsi Refresh di Windows yang Sebenarnya 185798300 1199511743804375 8066625519868689534 n

Refresh tidak mempengaruhi performa sistem apapun. Refresh yang dilakukan berkali-kali hanyalah sebuah kebiasaan konyol yang tidak berguna. Adakah diantara orang terdekat kamu yang masih melakukannya?

  • Bagikan