4 Alasan Mengapa Kebanyakan Anak Orang Kaya Lebih Pintar

  • Bagikan
4 Alasan Mengapa Kebanyakan Anak Orang Kaya Lebih Pintar 4 Alasan Mengapa Kebanyakan Anak Orang Kaya Lebih Pintar

Kebanyakan orang bertanya-tanya kenapa anak orang kaya cenderung cerdas dibandingkan anak orang miskin, diakui atau tidak faktor utamanya adalah lingkungan mereka yang berbeda. Selain itu perekonomian juga dapat mempengaruhi mereka untuk mencerdaskan keluarga mereka.

Mereka yang lahir dari keluarga orang kaya pasti berusaha semaksimal mungkin untuk mencerdaskan anak-anak mereka. Mereka sangat memperhatikan perkembangan anaknya, mulai dari makanan yang bergizi, mengajarkan rutin membaca buku, mendukung proses belajar akademik atau non-akademik, hingga mendatangkan guru privat.

Berikut ini 4 Alasan mengapa anak orang kaya kebanyakan pintar-pintar dan sering berprestasi.

1. Pendidikan Orang Tua

Pendidikan orang tua berpengaruh besar terhadap anak. Orang kaya biasanya yang berpendidikan tinggi. lantas apa pengaruhnya?

Pengaruhnya adalah bagaimana cara berpikir mereka ilmu yang didapatnya diturunkan kepada anak-anak mereka dengan cara memberikan pengajaran, pembimbingan, bagaimana belajar dengan baik, bagaimana cara agar anak gemar membaca bahkan bagaimana agar anak bisa berprestasi di sekolah.

Baca juga:  Mengapa Lebih Banyak Pria Yang Meninggal Karena COVID-19?

Sebaliknya mereka yang terlahir dari keluarga menengah kebawah, mereka tidak mendapatkan semua itu apalagi yang orang tuanya buta huruf, ada juga yang sibuk bekerja jadi tidak mempunyai waktu untuk mengajarkan anaknya.Sehingga anak-anak mereka harus berjuang keras di sekolahan formal karena kurangnya bimbingan orang tua mereka.

2. Memiliki Sumber Daya

Sumber daya atau materi, orang tua kaya akan memberikan yang terbaik untuk anak. Mereka akan memberikan fasilitasi belajar yang menunjang kecerdasan mereka. Jika anak mengalami kesulitan dalam belajarnya mereka bisa mendatangkan guru privat, sehingga anak tidak lagi kesulitan dalam belajar. 

Berbeda dengan mereka yang keluarganya pas-pasan. Mereka cenderung kesulitan untuk memberikan fasilitas belajar, contoh kecil saja buku, orang tua mereka lebih memilih untuk menggunakan uangnya untuk uang saku anaknya. Sehingga anak belajar dengan apa adanya dan hasilnya pun juga kurang maksimal.

Baca juga:  4 Penemuan Hebat Yang Telah Mengubah Dunia

3. Memilih Pendidikan Di Sekolah Yang Bagus

Lingkungan belajar sangat mempengaruhi keberhasilan anak. Anak-anak yang lahir dari keluarga kaya umumnya mereka memilih lembaga pendidikan yang berkualitas, bahkan sampai keluar negeri sekalian.

Hal ini dilakukan karena sekolahan yang berkualitas pasti mempunyai sarana prasarana yang memadai, guru-gurunya professional, dan lingkungannya juga kondusif. Sehingga biaya yang mahal tidak menjadi halangan bagi mereka untuk memilih tempat tersebut.

Berbeda dengan anak-anak dari keluarga miskin, mereka belajar di sekolahan sekitarnya. Bahkan di daerah-daerah pedesaan dan pelosok, mereka belajar dengan satu guru yang mengampu semua pelajaran.

Lebih parahnya mereka belajar tidak ditunjang dengan buku-buku terbaru, mereka belajar dengan buku kurikulum terdahulu dan fasilitas praktek lainya yang kurang. Keterbatasan tersebut jelas mengakibatkan mempengaruhi hasil belajarnya.

4. Mendapat Asupan Nutrisi Yang Baik

Asupan nutrisi juga berpengaruh dengan kecerdasan anak, karena dengan nutrisi yang seimbang akan mempercepat  penumbuhan se-sel otak mereka. Tak hanya itu, tak hanya itu, nutrisi juga mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Hal ini sangat mudah dilakukan oleh orang kaya. Bahkan membeli suplemen agar ingatannya kuat sekalipun.

Baca juga:  Katanya Sih Main HP Waktu Isi Bensin Gak Bahaya Beneran?

Berbeda dengan mereka dari keluarga miskin, mereka lebih memilih kuantitas atau porsi makanan, bukan gizinya. Hal inilah yang menyebabkan anak-anak dari keluarga miskin kurang berhasil dalam belajarnya karena tidak didukung dengan asupan gizi yang memadai. 

Dengan dukungan finansial, motivasi, asupan nutrisi, dan kesempatan orang kaya dapat memfasilitasi dengan baik. Lain halnya dengan mereka yang kurang mampu, mereka tidak bisa memfasilitasi itu semua untuk anaknya sehingga tidak heran bila anak mayoritas belajarnya pas-pasan.

Namun bukan berarti orang yang lahir dari keluarga pas-pasan tidak bisa berprestasi lho. Semua memiliki kesempatan yang sama asalkan bisa bersungguh-sungguh.

Mereka yang lahir dari orang kaya juga ada kemungkinan gagal bila orang tua mereka lalai. Untuk itu kita semua harus belajar sungguh-sungguh agar dapat memperbesar peluang menjadi sukses.

  • Bagikan