4 Aspek Penting Dalam Memilih Ram

  • Bagikan
4 Aspek Penting Dalam Memilih Ram RAM random access memory 1

Ram merupakan kunci dari kecepatan sebuah komputer dalam mengakses program. Jadi sangat penting untuk memilih dan menggunakan RAM yang support dan dapat mendorong kinerja dari komputer tersebut.

Apa itu RAM?

Random Acces Memory atau RAM adalah memori akses acak yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara dalam menjalankan berbagai macam perintah program.

Mengapa Sementara?

Ram bersifat Volatile, artinya RAM cuma bisa membuat dan menghapus data jika terhubung aliran listrik saat komputer menyala. Berikut ini 4 aspek penting dalam memilih RAM, untuk penjelasan singkatnya dibawah ini.

1. Merk

Sebelum membeli RAM, cari tahu dulu merk-merk RAM ternama yang bisa kita percaya 

2. Penggunaan

Baca juga:  6 Sertifikat IT Network Gratis di Tahun 2020 Yang Boleh Dicoba

Wajib pertimbangkan penggunaan jika membeli RAM. Saat ini kebutuhan RAM 8 GB sudah wajib untuk kita gunakan.

3. CPU & Motherboard

Pilih jenis RAM yang support dengan CPU & Motherboard. Seperti jenis DDR supported frequency, channel dan kapasitas maksimalnya.

4. Frequency & Timing

Perhitungkan frequency clock dan timing dari RAM. Jangan salah antara Base clock dan Effective clock ya. RAM mempunyai 2 jenis frequency clock yakni Base Clock dan Effective Clock

Effective clock merupakan angka maksimum dimana RAM dapat bekerja. ini biasanya tertera pada label dan jenis RAM tersebut contohnya DDR4 PC 19200 2400Mhz.

Base Clock merupakan angka dasar sebuah RAM bekerja, yang ditunjukan dengan perhitungan setengah dari besarnya frequency Effective Clock contohnya 2400Mhz/ 2=1.200 Mhz.

Baca juga:  6 Istilah Marketing Online Yang Wajib Kamu Ketahui!

Jadi jangan sampai salah menilai bahwa komputer kamu akan selalu bekerja dengan kecepatan tinggi tersebut.

  • Bagikan