5 Alasan Kenapa Kamu Harus Lanjut Kuliah

  • Bagikan
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Lanjut Kuliah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Lanjut Kuliah

Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya sama diri sendiri “Sebenarnya gua kuliah buat apa sih?” atau “Kenapa sih gua harus harus lanjut kuliah?”. Mungkin ini pertanyaan klasik ya, Apakah kamu mau tahu alasanya?

Nah, kali ini mimin bakal ngebahas nih alasan kenapa kamu harus lanjut kuliah. Ternyata hal penting yang bakal kamu dapatkan ketika kamu memutuskan untuk lanjut kuliah setelah lulus sekolah adalah:

1. Menambah Skill Dan Pengetahuan

Ini merupakan alasan paling mendasar kenapa kamu harus lanjut kuliah. Kenapa? Kuliah itu cara paling tepat buat kamu menambah pengetahuan dan skill di bidang yang menjadi passion kamu.

Baca juga:  Tips Mempersiapkan Karir Masa Depan Selama Menjadi Pelajar

Kamu juga bisa lebih mengeksplorasi diri dan terbuka dengan ide dan hal-hal baru yang nggak akan kamu temukan di tempat lain selain di kampus.

2. Memperbanyak Relasi

Kehidupan kuliah berbeda jauh dibandingkan saat kamu masih duduk di bangku SMA. Di universitas, kamu berkesempatan untuk membangun jejaring dan memperbanyak teman dari jurusan, fakultas, bahkan kampus lain yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia yang bisa menjadi modal kamu untuk membangun karir nantinya.

3. Kesempatan Karir Lebih Luas

Seiring waktu, zaman akan terus berubah. Kalo kamu gak membekali diri dengan pengetahuan dan kompetensi yang memadai, siap-siap aja bakal ketinggalan jauh. Sementara teman-teman kamu sudah sukses dengan karirnya masing-masing.

Baca juga:  Tampil Beda, ITS Mengenalkan Kampus Kepada Mahasiswa Baru Lewat Minecraft

Gak mau hal ini terjadi sama kamu, kan? Maka berkuliah adalah solusi yang tepat. Selain ilmu pengetahuan, kamu juga akan dibekali dengan segudang kompetensi yang kelak dibutuhkan di dunia kerja, secara gak langsung, kuliah akan mengantarkanmu pada kesempatan karir yang lebih cemerlang.

4. Belajar Berorganisasi

Jadi mahasiswa itu jangan kerjanya kuliah aja!. Di kampus, kamu juga bisa bergabung organisasi mahasiswa yang sesuai dengan minat dan bakat kamu untuk referensi dan mengisi waktu luang kamu diluar perkuliahan agar lebih produktif.

Nantinya, kamu bisa mengasah Soft Skill seperti kepemimpinan, tanggung jawab, kedisiplinan dan komunikasi yang bakal terus kepake sampai kamu sukses. Kamu juga bisa dapat kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang sevisi sama kamu.

Baca juga:  Waktu Terbaik Untuk Belajar

5. Mendewasakan Pola Pikir

kalau selama ini kamu berpikir bahwa tujuan dari kuliah semata-mata untuk mendapat gelar dan mencari pekerjaan, artinya kamu keliru. Sesungguhnya ada hal lain yang tak kalah penting dari sekedar karir dan gelar.

Proses perkuliahan yang kompleks secara bertahap akan mendewasakan pola pikir kamu. Kelak, kamu akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang akan semakin membuat kamu lebih kritis dan bijak dalam bertindak. Kamu pun akan lebih berhati-hati dalam mengambil segala keputusan.

  • Bagikan