5 Aplikasi Terbaik untuk Tanda Tangan Dokumen Online

  • Bagikan
5 Aplikasi Terbaik untuk Tanda Tangan Dokumen Online Tanda Tangan Digital

Dokumen yang ditandatangani secara digital memiliki efek hukum yang sama dengan dokumen kertas. Dengan semakin banyak bisnis yang tidak menggunakan kertas, aplikasi tanda tangan dokumen telah menjadi alat penting baik untuk organisasi maupun individu.

Namun, dengan semua opsi yang tersedia, menemukan aplikasi tanda tangan dokumen yang tepat bisa sangat melelahkan. Dalam artikel ini, kami merekomendasikan aplikasi tanda tangan dokumen terbaik yang kompatibel dengan Android, iOS, Windows maupun untuk browser web.

Apa itu Aplikasi Tanda Tangan Dokumen?

Aplikasi tanda tangan dokumen memungkinkan kamu untuk menandatangani, melengkapi, dan meminta tanda tangan dengan cepat secara digital. Tanda tangan elektronik dapat dilegalkan secara hukum di sebagian besar bisnis dan transaksi digital lainnya.

Program tanda tangan elektronik dan tanda tangan digital juga lebih aman daripada dokumen tradisional. Aplikasi ini memiliki fitur keamanan berlapis, termasuk sertifikat dan catatan digital, yang membuat dokumen tidak mudah rusak. Sebagian besar aplikasi tanda tangan dokumen gratis untuk penandatangan. Namun, fitur premium biasanya memiliki fitur yang lebih.

1.DocuSign

DocuSign adalah aplikasi tanda tangan dokumen populer yang tersedia untuk perangkat Android, iOS, dan Windows. Kamu dapat mengirim dan menandatangani perjanjian dari mana saja di perangkat apapun, bahkan jika kamu tidak memiliki akses internet.

DocuSign memudahkan kamu untuk membuat tanda tangan secara khusus langsung di gadget kamu. Kamu dapat mengunggah dokumen melalui pemindaian langsung, email, Google Drive, Dropbox, Evernote, dan lainnya. Selain itu fitur keamanan dokumen pun terjaga melalui enkripsi dan membuatnya tidak dapat dirusak.

Dengan DocSign, kamu dapat mendaftar secara gratis dan mengirim hingga tiga dokumen. Paket Personal $15/bln mencakup akses pengguna tunggal, 5 pengiriman tanda tangan elektronik, bidang dasar, dan fitur lainnya. Paket Standar dan Bisnis Pro mencakup fitur pengingat dan pemberitahuan, pencitraan merek, komentar, bidang lanjutan, pengiriman massal, dan pengumpulan pembayaran.

Baca juga:  Ludio Player Aplikasi IPTV Cocok Untuk STB Android, Smartphone

2. PandaDoc

Dengan tampilan UI dan set fitur yang mirip dengan aplikasi DocuSign, PandaDoc membantu memudahkan kamu untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan dokumen dengan dukungan tanda tangan dokumen digital secara mudah.

Layar beranda menunjukkan draft, terkirim, diterima, kadaluarsa, menunggu pembayaran, dibayar, dan bagian dokumen lainnya. Kamu dapat menambahkan dokumen dengan mengklik gambar dari galeri, atau mengunggahnya dari file dan template yang disimpan.

Kamu juga dapat menggambar, mengetik, atau mengunggah gambar untuk menambahkan tanda tangan. Dengan beberapa pilihan penyesuaian tambahan termasuk menambahkan bidang teks, tanggal, dan inisial ke dokumen. Selain itu, kamu dapat mengunduh dokumen yang ditandatangani untuk dibagikan secara instan melalui email, aplikasi media sosial, dan banyak lagi.

Paket gratis PandaDoc mencakup tanda tangan dokumen online tanpa batas, unggahan dokumen, pembayaran, dan dukungan aplikasi seluler. Paket $29/bln menawarkan akses ke templat, editor drag dan drop dengan fitur yang lebih banyak serta tabel harga, dan analitik dokumen.

3. SignWell

5 Aplikasi Terbaik untuk Tanda Tangan Dokumen Online signwell

SignWell (sebelumnya DocSketch) adalah layanan pembuat tanda tangan elektronik khusus web. Meskipun Anda dapat menggunakannya di perangkat modern apa pun yang didukung browser web, aplikasi ini tidak memiliki aplikasi khusus untuk platform apa pun.

Menggunakan aplikasi ini relatif mudah. Untuk memulai, masuk dengan akun Google Anda dan kemudian mulai mengunggah dokumen untuk ditandatangani. Anda dapat menambahkan beberapa dokumen, memilih jumlah penandatangan dan detailnya.

Seperti aplikasi penandatanganan lainnya, Anda dapat menambahkan tanda tangan melalui mode tipe, gambar, dan gambar. Opsi penyesuaian tambahan termasuk menambahkan bidang teks, inisial, kotak centang, dan tanggal.

Anda dapat mengirim dokumen akhir ke email kontak Anda dengan pesan khusus dan lampiran tambahan. Anda juga dapat mengunduh dokumen yang ditandatangani sebagai PDF, menyalinnya ke papan klip, atau menyimpannya sebagai templat.

Baca juga:  Ukuran Dimensi Terbaik Di Instagram Untuk Postingan

Paket gratis dengan satu pengguna, satu template, tiga dokumen, dan dukungan pengingat dan pemberitahuan sudah cukup untuk penggunaan sesekali. Paket Pribadi dan Bisnis masing-masing dengan harga $10/bln dan $30/bln menghapus batasan pada dokumen dan templat serta menawarkan fitur-fitur canggih.

4. signNow

Jika kamu ingin menandatangani dokumen, menegosiasikan kontrak, menerima pembayaran, atau membuat alur kerja otomatis, signNow dapat melakukan semuanya. Ini memudahkan kamu untuk membuat grup dokumen, templat, arsip, dan membuat tim untuk berbagi dokumen.

Untuk membuat dan menandatangani dokumen, kamu harus membuat akun pengguna. Selain itu juga kamu dapat mengunggahnya dari galeri, cloud, atau dengan mengambil gambar secara langsung.

Editor bawaan signNow menawarkan beberapa tab tools untuk penulis dan tab Bidang untuk pihak kedua. Di tab tools, kamu dapat membuat, mengedit, dan menambahkan tanda tangan baru menggunakan mode menggambar dan mengetik.

Kamu juga dapat menambahkan inisial, teks, tanda centang, tanggal, dan stempel. Pihak kedua dapat menggunakan alat serupa dan beberapa opsi lagi. Mengekspor dokumen yang sudah selesai itu mudah. Kamu dapat menyimpan, mengirim copy-an melalui email, membagikan, mengekspor ke layanan cloud, dan mencetak dokumen. 

Selain itu, pengguna premium dapat mengundang orang lain untuk menandatangani dokumen secara langsung melalui platform signNow.

signNow tersedia dalam paket berbasis langganan gratis dan premium. Paket gratis sudah cukup jika kamu hanya menandatangani dokumen dan tidak memerlukan fitur tambahan.

Paket Bisnis seharga $20/bln menawarkan templat tanpa batas, dan kamu dapat mengirim dokumen untuk ditandatangani. Fitur lanjutan seperti pengingat dan pemberitahuan, pencitraan merek yang dipersonalisasi, pemrosesan dokumen massal, dan undangan tautan.

5. SignEasy

SignEasy memudahkan kamu untuk menandatangani dan mengelola dokumen PDF dan formulir saat bepergian dan aplikasi ini tersedia di platform Android dan iOS. Aplikasi yang satu ini memiliki tampilan yang bersih dan menawarkan banyak fitur. Berkat integrasi dengan aplikasi cloud dan produktivitas utama, termasuk Google Drive, Dropbox, Slack, Gmail, Google Documents, dan Outlook, kamu dapat dengan mudah mengimpor, menandatangani, dan menyimpan dokumen di satu tempat.

Baca juga:  Cara Convert MP4 To MP3 Diaplikasi VN

Menandatangani dokumen cukup mudah. Kamu dapat memilih dari beberapa opsi untuk memilih siapa yang menandatangani dokumen, termasuk kamu sendiri, pihak ketiga, atau secara langsung. Editor bawaan menawarkan fitur tanda tangan elektronik biasa untuk menambahkan inisial, tanggal, kotak centang, gambar, dan model tanda tangan yang berbeda. Kamu juga dapat membagikan dokumen yang telah diselesaikan melalui email, penyimpanan cloud, berbagi file, dan aplikasi pencatat. Terlebih lagi, kamu dapat mengamankan dokumen tersebut dengan kata sandi atau sidik jari.

Fitur premium juga dapat menyesuaikan visual, menambahkan footer email khusus, menerima jejak audit digital, dan mengekspor tanda tangan melalui email. Paket gratisnya cukup terbatas dan bahkan tidak memungkinkan kamu untuk menyimpan konsep. Untuk fitur premium nya sendiri di SignEasy, mulai dengan paket Esensial dan Pro dengan harga $15 dan $25 per bulan.

Dengan berlangganan SignEasy, kamu dapat mengirim permintaan tanda tangan melalui email, melihat jejak audit digital, mendukung format populer, menerima email pemberitahuan dan pengingat, dan mengintegrasikan aplikasi produktivitas.

Kesimpulan

Penggunaan aplikasi tanda tangan dokumen online atau digital dapat memudahkan kita dalam proses penandatanganan dokumen dibanding dengan konvensional, dengan fitur keamanan yang menggunakan kriptografi kunci publik, dan lebih aman daripada menggunakan aplikasi seperti Microsoft Word dan Adobe Photoshop.

Meskipun sebagian besar aplikasi ini tidak memerlukan langganan untuk menandatangani dokumen, beberapa fitur lainnya hanya tersedia untuk pengguna premium. Sebelum kamu memutuskan untuk berlangganan, mulailah menggunakan uji coba gratis terlebih dahulu.

  • Bagikan