5 Cara Membuat Hasil Pencarian di Google Lebih Spesifik

  • Bagikan
5 Cara Membuat Hasil Pencarian di Google Lebih Spesifik 5 Cara Membuat Hasil Pencarian di Google Lebih Spesifik
Freepik

Selain cari tugas, biasanya kamu googling buat nyari apa? Nah, saat ini mesin pencarian google sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk setiap orang dari edukasi sampai dengan urusan bisnis.

Dalam mencari sesuatu seringkali kita tidak dapat menemukan sesuai dengan apa yang kita inginkan, salah satu penyebabnya bisa jadi Keyword yang kita masukan masih kurang spesifik.

Tahukah kalian ada beberapa tips agar pencarian di google lebih spesifik dan sesuai dengan apa yang kita ingin ketahui. Berikut beberapa cara browsing dengan Google Search agar hasil yang muncul lebih efektif.

Yuk simak selengkapnya pada artikel berikut!

1. Menggunakan filetype:

Ketika ingin mencari sesuatu berdasarkan format tipe file tertentu, maka dapat menggunakan perintah: filetype: (tipe file yang diinginkan). Dengan begitu kamu dapat mendapatkan hasil berdasarkan tipe file yang lebih spesifik.

2. Menggunakan Tanda Bintang (*)

Cara yang kedua ini dapat kamu gunakan untuk mencari kata yang hilang. Tanda bintang (*) dapat digunakan saat kita ingin mencari sesuatu, tetapi tidak ingat kata-katanya secara utuh.

3. Menggunakan Tanda Minus (-)

Memakai tanda minus (-) dapat membantu kita menampilkan hasil pencarian dengan menghilangkan hasil pencarian yang tidak kita inginkan. Secara garis besar ini dapat digunakan ketika ingin menyingkirkan hasil yang tidak diinginkan.

Baca juga:  Trik Searching Pada Google Search

4. Menggunakan Tanda Petik (“)

Cara ini juga dapat mencari secara tepat loh, melakukan pencarian tanpa kutipan akan menampilkan hasil yang menggunakan semua kata-kat itu, tanpa berurutan.

5. Menggunakan Tanda Titik Dua Kali (..)

Apabila ingin mencari sesuatu di antara dua nilai atau waktu tertentu, maka dapat menggunakan titik sebanyak dua kali (..) dengan begitu hasil pencarian di google dapat lebih spesifik.

  • Bagikan