5 Cara Menghindari Serangan CyberCrime

  • Bagikan
5 Cara Menghindari Serangan CyberCrime Cyber

Sebagai pengguna teknologi, tentunya kita harus memiliki pengetahuan dasar untuk melindungi diri dari serangan-serangan CyberCrime yang ada di internet. Hal itu bertujuan agar keamanan data dan privasi kita selalu terjaga terutama yang berhubungan langsung dengan uang.

Untuk itu ada beberapa cara praktek keamanan di internet terbaik yang wajib kamu tahu agar terhindar dari serangan CyberCrime diantaranya 5 cara berikut ini.

1. Gunakan Password Yang Kuat Dan Unik

5 Cara Menghindari Serangan CyberCrime 2389319

Mengingat kata sandi adalah bagian terpenting dalam praktek keamanan di internet maka dari itulah kita harus menggunakan password yang kuat dan unik. Pilihlah yang panjangnya 14 karakter mulai dari huruf besar, kecil serta kombinasi kan dengan angka maupun simbol. Setelah itu kamu bisa menyimpannya dengan baik agar tidak lupa.

Baca juga:  Messenger Rooms Meluncur Secara Global, Siap Tantang Zoom

2. Perbaharui Semuanya

Banyak kebocoran berawal dari perangkat lunak yang sudah ketinggalan zaman. Hampir semua perusahaan komputer besar mengeluarkan pembaharuan secara rutin untuk melindungi mereka dari resiko CyberCrime.

Selalu perbaharui perangkat lunak dan sistem operasi kita, untuk lebih mudahnya kamu bisa aktifkan pembaruan otomatis bila memungkinkan.

3. Aktifkan Otentikasi 2FA

5 Cara Menghindari Serangan CyberCrime 2FA

Ini adalah langkah ekstra yang juga masih belum sempurna, namun sistem otentikasi 2FA yang dilakukan beberapa tahap ini dapat mempersulit peretas kejahatan CyberCrime untuk masuk ke akun kita. Aktifkan sistem otentikasi ini terutama untuk masuk ke rekening bank dan akses kartu kredit.

4. Enkripsi Dan Buat Data Cadangan Data Penting

Ini dapat dilakukan dengan menginstal perangkat lunak atau mengubah pengaturan sistem. Beberapa produsen melakukan ini secara otomatis untuk membantu meningkatkan keamanan dari sistemnya. Tentunya dengan membuat data cadangan secara terenkripsi.

Baca juga:  Prosesor Snapdragon atau MediaTek, Pilih Yang Mana?

5. Hati-Hati Ketika Menggunakan Wifi Public

5 Cara Menghindari Serangan CyberCrime wifi

Saat menggunakan wifi secara public, siapapun yang terhubung ke jaringan tersebut dapat melihat apa yang dikirim dan diterima komputer kita di internet. Kita dapat menggunakan browser gratis seperti puffin browser atau menggunakan aplikasi jaringan pribadi (VPN) untuk mengenkripsi semua lalu lintas internet ketika menggunakan wifi public agar terhindar resiko serangan CyberCrime.

Jadi itulah beberapa cara menghindari serangan CyberCrime. Yang terpenting selalu waspada dalam menggunakan internet dan selalu bijak dalam menggunakannya.

  • Bagikan