5 Macam Teknologi Yang Menjadi Pilar Utama Revolusi Industri 4.0

  • Bagikan
5 Macam Teknologi Yang Menjadi Pilar Utama Revolusi Industri 4.0 revolusi industri 4.0

Saat mendengar revolusi industri pasti sebagian besar dari kamu sudah pernah mendengarnya. Mungkin beberapa dari kamu bingung, kenapa judulnya Teknologi Yang Menjadi Pilar Utama Revolusi Industri 4.0.

Istilah ini sebenernya lagi hits banget, guys. Belakangan ini banyak banget yang membicarakan tentang revolusi industri 4.0. Revolusi Industri 4.0 adalah nama trend otomatis serta pertukaran data teranyar dalam teknologi. Apakah kamu pernah membayangkan bagaimana sebuah industri berkembang?

Revolusi industri 4.0 sendiri dimulai dari strategi pemerintah Jerman dalam hal produksi yang fokus pada komputerisasi untuk kelancaran proses manufaktur tahun 2011 silam. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan cara yang lebih efisien dalam memproduksi barang secara massal dengan mengandalkan teknologi

5 Macam Teknologi Yang Menjadi Pilar Utama Revolusi Industri 4.0

Jika sebelumnya hanya mengandalkan tenaga manusia untuk membuat barang, tapi sekarang ini produk yang diproduksi secara masal dengan bantuan mesin serta teknologi. Kalau begitu teknologi apa yang bakal menjadi pilar pada revolusi industri 4.0 ini. Berikut ini

1. Internet Of Things (IOT)

Internet Of Things merupakan sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia. Salah satu contoh produknya adalah jarvis yang bisa mematikan lampu saat sudah pagi hari.

Baca juga:  Mau Migrasi dari WhatsApp? Cek Dulu Aplikasi Penggantinya

2. Big Data

Big Data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar. baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Big Data telah digunakan dalam banyak bisnis dan dapat membantu menentukan arah bisnis.

3. Augmented Reality

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

4. Cyber Security

Cyber Security adalah upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyber Attack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi.

5. Cloud Computing

Komputasi awan (cloud computing) adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, dimana pengguna komputer diberikan hak akses (login) mengakses server virtual untuk bisa konfigurasi server melalui internet.

Baca juga:  Iflix Mulai Goyah Setelah di Tinggal Keluar Co-Founder
  • Bagikan