5 Peran Mahasiswa Dalam Masyarakat

  • Bagikan
5 Peran Mahasiswa Dalam Masyarakat Peran Mahasiswa

GenK! Ternyata mahasiswa itu berbeda loh dengan siswa. Ketika kamu sudah menjadi mahasiswa , selain belajar kamu juga memiliki peran penting di kehidupan bermasyarakat. Karena sebagai mahasiswa, kamu sudah dicap sebagai “Kaum Intelektual”.

Nah, agar kamu lebih paham lagi mengenai apa yang dimaksud dengan kaum intelektual tersebut ada baiknya kamu menyimak berikut 5 peran mahasiswa dalam masyarakat. So, kamu bisa memaksimalkan peran kamu sebagai mahasiswa, jadi jangan sampai disia-siain.

1. Guardian of Value

Mahasiswa sebagai kaum intelektual harus menjaga nilai-nilai yang bersifat mutlak kebenarannya seperti kejujuran, keadilan, gotong royong, integritas, empati dan lain sebagainya.

Baca juga:  Rekomendasi Jurusan Terbaik Buat Kamu Anak IPA

Sebagai Guardian of Value, mahasiswa tidak hanya berperan dalam menjaga, namun juga berperan sebagai pembawa, penyebar dan penyampai nilai-nilai itu sendiri.

2. Agent of Change

Sebagai agent of change mahasiswa berperan sebagai penggerak masyarakat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi dengan menggunakan ilmu, gagasan serta pengetahuan yang dimiliki.

3. Iron Stock

Mahasiswa merupakan aset dan harapan bangsa di masa depan, sehingga mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dan perilaku terpuji untuk dapat menggantikan generasi-generasi sebelumnya.

4. Moral Force

Sebagai insan akademis, tingkat intelektual yang dimiliki oleh mahasiswa akan disejajarkan dengan tingkat moralitasnya. Mahasiswa dianggap memiliki tingkat pendidikan yang tertinggi sehingga sebagai mahasiswa harus memiliki moral yang baik pula.

Baca juga:  Tips Mempersiapkan Karir Masa Depan Selama Menjadi Pelajar

Mahasiswa diharapkan dapat menjadi contoh dan penggerak perbaikan moral pada masyarakat.

5. Social Control

Mahasiswa diharapkan mampu menjadi pengontrol sebuah kehidupan sosial pada masyarakat dengan cara memberikan saran, kritik serta solusi untuk permasalahan sosial masyarakat maupun permasalahan bangsa.

  • Bagikan