5 Software Simulator Jaringan

  • Bagikan
5 Software Simulator Jaringan 5 software simulator jaringan

Karena wabah covid ini diharuskan untuk WFH, maka belajar praktik pun semakin susah. Tapi  tenang teman-teman, ada banyak kok software simulasi yang dapat membantu kita untuk belajar terutama di bagian jaringan.

Nah kali ini mimin bakal merekomendasikan kalian untuk menggunakan sebagian software simulasi yang dapat membantu teman-teman untuk memahami alat-alat dalam jaringan komputer. Apa saja software tersebut? Yuk simak 5 software simulator jaringan berikut ini.

1. Cisco Packet Tracer

5 Software Simulator Jaringan Cisco Packet Tracer

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran maupun pelatihan dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer.

Baca juga:  Mau Jadi Programmer? Yuk Pahami Tipe-Tipe Struktur Data

Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagai siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangaun skill dibidang alat-alat jaringan Cisco.

2. iNetworks

5 Software Simulator Jaringan inetworks

Software ini dipakai untuk membuat simulasi jaringan komputer mulai dari jaringan yang simple hingga jaringan yang rumit. Fitur yang ada di software ini sudah lebih dari cukup untuk memahami bagaimana jaringan bekerja.

Fitur utama dari software ini mampu mensimulasi cara kerja DHCP server, DNS server, Webserver, Mail server, Routing (static dan dynamic/Ripv1) Gateway dan firewall. Untuk masing-masing node bisa dihidupkan dan dimatikan serta adanya fitur Command prompt ala windows.

3. GNS3

5 Software Simulator Jaringan GNS3

GNS3 adalah aplikasi simulator jaringan (Graphic Simulator Network) berbasis GUI yang dirilis pada tahun 2008. Dengan menggunakan GNS3 maka kita dapat mensimulasikan perangkat asli secara baik dengan bantuan emulator maupun teknologi virtualisasi.

Baca juga:  Download ES File Explorer Manager Terbaru Versi 4.2.1.9

GNS3 sering dipakai sebagai simulator router Cisco Juniper, Mikrotik dan Virtual Machine.

4. IPSims

5 Software Simulator Jaringan IPSIMS

Pada permainan yang berjudul IPSims ini, pemain dihadapkan pada simulasi jaringan komputer, layaknya jaringan komputer pada dunia nyata, pemain harus memberikan alamat IP, subnet mask dan gateway dengan benar pada tiap-tiap router dan host yang tersedia disetiap stage.

IPSims dilengkapi dengan fitur upload score online, sehingga pemain dapat menunjukkan nilai yang telah dicapai ke pemain lainnya. Selain dapat mengupload score, pemain juga dapat menunjukkan nilainya melalui posting di Twitter, Facebook atau MySpace.

5. Boson Netsim

5 Software Simulator Jaringan Boson Netsim

Jika Packet Tracer merupakan software simulasi jaringan. Boson Netsim merupakan router simulator yaitu simulasi yang khusus untuk router. Peralatan yang ada disini yang pasti adalah Router, tersedia berbagai Series mulai dari Series 800, 1000, 1600 1700, 2500, 2600, 3600, 4500.

Baca juga:  5 Hal Penting Mengenai UI/UX Designer

Selain router juga ada Switches dan tersedia berbagai Series diantaranya Series 1900, 2900, 3500. Untuk Connectornya yaitu Ethernet, Serial, ISDN. Selain itu masing-masing peralatan dilengkapi dengan informasi mengenai Class, Speed, Model.

  • Bagikan