6 Aplikasi Ini Banyak Memakan Kuota, Begini Cara Menghematnya

  • Bagikan
6 Aplikasi Ini Banyak Memakan Kuota, Begini Cara Menghematnya 6 Aplikasi Ini Banyak Memakan Kuota Begini Cara Menghematnya0A

Baru isi ulang prabayar dan berlangganan data internet, tapi sekarang sudah hilang? kamu mungkin belum tahu, alasan kenapa kuota internet tiba-tiba habis. Mungkin paket internet kamu sudah habis karena aplikasi tertentu yang secara diam-diam menyedot kuota!

Meskipun kamu tidak membukanya, aplikasi tersebut masih dapat memakan banyak kuota. Jadi, adakah cara untuk menghentikan dan cara menghematnya? Lihat detailnya disini!

1. Facebook

Siapa yang sekarang masih suka membuka Facebook? Meski kamu jarang membuka Facebook, aplikasi ini bisa banyak memakan kuota internet kamu. Apalagi jika kita membuka media seperti foto dan video. Facebook bisa mengatur video secara otomatis dan bahkan kuota internet bisa cepat habis.

6 Aplikasi Ini Banyak Memakan Kuota, Begini Cara Menghematnya Facebook settings

Jadi apa yang harus kamu lakukan? kamu dapat membatasi pemutaran video otomatis ke WiFi atau menonaktifkannya secara langsung. Pertama, buka aplikasi Facebook, lalu klik ikon tiga baris di kanan atas. Gulir ke bawah dan pilih Pengaturan> Pengaturan Akun> Video dan Foto> Putar Putar Otomatis. Setelah itu, pilih ” On Wi-Fi Connections Only ” atau ” Never Autoplay Videos “.

Baca juga:  Download Sweet Selfie Versi 3.12.1189 Terbaru

2. Instagram

Sebagai media sosial berbasis foto dan video, tentunya Instagram lebih banyak menggunakan data daripada media sosial berbasis teks. Kuota data kamu dapat tersedot ketika video di Instagram diputar secara otomatis. Namun, Instagram memiliki pengaturan di mana kamu dapat mencegah pramuat video saat menggunakan koneksi seluler.

6 Aplikasi Ini Banyak Memakan Kuota, Begini Cara Menghematnya instagram setting

Caranya sangat mudah, pertama buka aplikasi Instagram lalu masuk ke Profil> Pengaturan> Akun> Penggunaan Data Seluler . Kemudian, nyalakan Penghemat Data dan Instagram akan memutar media resolusi tinggi dengan WiFi saja, bukan data seluler kamu. Tentunya dengan langkah kecil ini bisa menghemat paket data internet kita.

3. Netflix

Biasanya, kamu terkadang menonton Netflix di laptop atau PC dengan koneksi internet melalui WiFi. Meski begitu, ada kalanya kita ingin tetap menontonnya dengan smartphone, apalagi jika ingin menonton serial yang kamu ikuti. Saat menonton di smartphone, kamu bisa menurunkan kualitas video agar kuota internet tidak cepat habis.

6 Aplikasi Ini Banyak Memakan Kuota, Begini Cara Menghematnya netflix setting

Caranya buka aplikasi Netflix, lalu klik tombol tiga panah di kiri atas. Gulir ke bawah dan pilih Pengaturan Aplikasi> Penggunaan Data Seluler. Matikan pengaturan otomatis dan pilih kualitas streaming sedang atau rendah saat menggunakan mode seluler. Kamu bisa menonton 4 jam dan hanya menghabiskan 1 GB!

Baca juga:  9 Aplikasi Desain Rumah Android Terbaik

4. Spotify

Kamu adalah salah satu pengguna Spotify tetapi ingin menghemat data internet? Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghemat data yaitu dengan membuat album tersedia secara offline. Ini dapat dilakukan jika Anda adalah pelanggan Spotify Premium, seperti yang disarankan oleh halaman Cnet.

6 Aplikasi Ini Banyak Memakan Kuota, Begini Cara Menghematnya spotify setting

Secara offline, kita dapat mendownload album dan playlist untuk menghindari streaming  melalui koneksi seluler. Begini caranya, saat melihat album atau playlist, klik Download untuk menambahkan lagu ke ponsel sehingga kamu tidak perlu streaming lagi. Hemat atau tidaknya data internet juga tergantung kualitas streaming yang akan kita pilih.

5. Twitter

Meskipun dasar-dasarnya adalah media sosial berbasis teks dan tweet pendek, kamu juga dapat mengunggah foto dan video ke Twitter. Jika kamu menghabiskan banyak waktu di Twitter setiap hari, sebaiknya menonaktifkan putar otomatis video di setelannya. Jadi, bagaimana caranya?

Baca juga:  Tangi Quick Videos Aplikasi Baru Pesaing Tiktok dan Lasso
6 Aplikasi Ini Banyak Memakan Kuota, Begini Cara Menghematnya twitter setting

Buka aplikasi Twitter dan pilih Pengaturan dan Privasi> Penggunaan Data. Di sini, kamu dapat memilih untuk memilih penghemat data sehingga video tidak diputar secara otomatis dan gambar berkualitas rendah akan dimuat. Kamu juga dapat memilih apakah foto dan video berkualitas tinggi akan diputar melalui WiFi atau paket data.

6. Youtube

Kita semua tahu bahwa menonton video dari YouTube akan menghabiskan banyak kuota internet. Menurut laman Canstar Blue, memutar video 480p selama satu jam akan menghabiskan data sebesar 264 MB. Jika resolusi yang dipilih adalah 720p (HD), maka akan mengkonsumsi data 870 MB dalam satu jam dan 1080p (Full HD) akan mengkonsumsi data 1,65 GB!

6 Aplikasi Ini Banyak Memakan Kuota, Begini Cara Menghematnya youtube setting

Untuk menghindari pemborosan data, buka YouTube dan klik profil di pojok kanan atas. Setelah itu pilih Settings> General> Restrict Cellular Quota Usage. Slide menjadi On dan kami akan melakukan streaming video HD menggunakan WiFi saja. Dengan cara ini, YouTube tidak akan mengonsumsi data sebanyak sebelumnya.

  • Bagikan