6 Cara Mengatasi Laptop Plugged In Not Charging

  • Bagikan
6 Cara Mengatasi Laptop Plugged In Not Charging 6 Cara Mengatasi Laptop Plugged In Not Charging

Min laptopku ngecas gak bisa masuk, kenapa? Banyak faktor dong kak, coba deh kamu peka dan melihat notifikasi di icon baterai kamu di pojok kanan bawah tulisannya apa? Kalau normal sih biasanya ada notifikasi plugged in charged, tapi kalau nggak kamu bakal dapet notif plugged in, not charging.

Biasanya, ada status baterai akan tertulis “plugged in, charging”, yang menandakan laptop kamu terhubung dengan sumber listrik dan sedang diisi daya baterainya.

Bagaimana jika status yang terlihat berbeda? yaitu “plugged in, not charging” yang artinya laptop kamu memang terhubung charger tapi tidak mengisi daya sob! panik gak tuh? Tenang sob, coba pakai cara berikut ini.

1. Pastikan Kabel Charger Terpasang dengan Benar Ke Laptop

6 Cara Mengatasi Laptop Plugged In Not Charging Plugged In Not Charging

Pastikan adapter pada charger tersambung dengan kabel sambungannya. Begitu pula dengan kabel jack yang masuk tersambung ke laptop.

Jika charger terdeteksi oleh laptop, seharusnya sudah muncul status “plugged in” pada layar laptop kamu sob.

2. Adaptor Mungkin Terlalu Panas, Coba Diamkan Sebentar

6 Cara Mengatasi Laptop Plugged In Not Charging Plugged In Not Charging1

Charger yang kepanasan atau overheat bisa mengakibatkan kerusakan pada charger itu sendiri, atau bisa saja menjalar ke baterai laptop. Terlepas dari penyebab pastinya, sebaiknya kamu mulai men-charge laptop dalam kondisi adapter yang dingin, agar terhindar dari ciri-ciri adaptor rusak.

Baca juga:  4 Rekomendasi Router Murah dan Terbaik 2021

3. Pastikan Kabel Charger Tidak Terlilit

6 Cara Mengatasi Laptop Plugged In Not Charging Plugged In Not Charging2

Jika charger sudah terlanjur tidak bisa mengisi daya karena terlilit, coba renggangkan kabel charger tersebut. Tunggu hingga dingin, dan hubungkan kembali pada laptop kamu.

4. Periksa Konektor, Tegangan, dan Arus Pada Charger

6 Cara Mengatasi Laptop Plugged In Not Charging Plugged In Not Charging3

Biasanya penyebab baterai laptop tidak mengisi bisa disebabkan oleh spesifikasi dari charger yang berbeda dari charger aslinya. Merek berbeda tidak masalah, asalkan tegangan, arus, konektor, dan lainnya sesuai dengan spesifikasi laptop dan baterainya.

5. Coba Ganti Charger

6 Cara Mengatasi Laptop Plugged In Not Charging Plugged In Not Charging4

Jika kamu ada tetangga, teman satu kosan, atau kerabat lainnya yang memiliki charger laptop mereka kebetulan cocok dengan laptop kamu, cobalah untuk meminjamnya. Lalu hubungkan charger tersebut ke laptop kamu dan lihat lah apa yang akan terjadi selanjutnya.

Baca juga:  5 Laptop Gaming Terbaik 2020, Pecinta Game!

Jika daya masuk, berarti charger tersebut harus harus diganti.

6. Membeli Charger atau Baterai Baru

6 Cara Mengatasi Laptop Plugged In Not Charging Plugged In Not Charging5

Jika semua cara tadi tidak ada yang berhasil sebaiknya mimin sarankan untuk dibawa ke service center agar jelas di identifikasi penyebabnya. Jika diperlukan membeli charger atau baterai baru, harus yang original ya sob!

  • Bagikan