6 Soft Skill Yang Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa

  • Bagikan
6 Soft Skill Yang Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Soft Skill Yang Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa

Sebagai Mahasiswa mempunyai Kompetensi yang tinggi itu gak bakal berguna tanpa adanya Soft Skill loh. Tapi tenang saja, kamu bisa kok mengembangkan soft skill dengan bergabung organisasi intra atau ekstra kampus atau mungkin join komunitas di kampus.

Karena ketika kamu memiliki Hard Skill baik tanpa adanya keseimbangan dari Soft Skill, ibarat seperti makan nasi tanpa lauk Genk!. Jadi Soft Skill apa saja yang dibutuhkan? yuk disimak berikut ini Soft Skill yang wajib dimiliki mahasiswa.

1. Leadership (Kepemimpinan)

Sifat kepemimpinan itu lebih cenderung terbentuk, bukan bawaan dari lahir. Sifat kepemimpinan harus kamu asah ketika menjadi mahasiswa. Caranya, pastikan kamu bisa mengatur diri kamu sendiri sebelum mengatur orang lain.

Baca juga:  3 Skill Yang Harus Kamu Miliki Di Tahun 2021

2. Berpikir Kritis

Berpikir kritis itu artinya kamu harus bisa mencerna dan memecahkan masalah dengan kreatif, efektif, cepat dan tepat. Kalau kamu sudah membiasakan diri berpikir kritis, nantinya kamu akan lebih tenang dalam menghadapi segala sesuatu.

3. Komunikasi dan Negosiasi

Banyak permasalahan yang terjadi hanya karena salah paham alias miskomunikasi. Untuk itu, kamu juga harus mengasah skill komunikasi dengan cara memulai menjadi pendengar yang baik.

Selain itu, kamu juga harus bisa mengasah kemampuan negosiasi, karena kemampuan ini bisa membantu kamu baik dalam hal sosialisasi maupun ekonomi kedepannya.

4. Teamwork (Kerjasama)

Siapa nih disini yang suka Single Fighter? ternyata gak semua urusan bisa kamu selesaikan sendiri loh. Intinya kamu harus bisa memulai belajar bekerja dalam tim. Dan selalu ingat dalam teamwork yang paling penting kamu gak boleh egois, hargai pendapat orang lain juga.

Baca juga:  5 Alasan Kenapa Kamu Harus Lanjut Kuliah

Dengan teamwork nantinya kamu akan terbiasa untuk memberi atau meminta bantuan ke orang lain.

5. Adaptasi

Ada yang bilang kampus itu “miniatur negara”. Jadi di kampus kamu akan ketemu sama orang yang sangat heterogen. Jadi gak semua orang punya sifat yang sama kaya kamu, kamu harus bisa beradaptasi sama berbagai jenis lingkungan.

Kalo kamu gampang beradaptasi, kamu bakal memiliki network yang lebih luas untuk kedepannya nanti.

6. Manajemen Diri

Sebagai mahasiswa otomatis kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa. Untuk itu kamu harus mulai evaluasi manajemen diri kamu, biar hidup kamu lebih terarah dan terstruktur.

Kamu bisa memulai dari manajemen waktu, manajemen keuangan dan manajemen emosi. Biar kamu tetap pada jalur yang tepat mencapai kesuksesan. Karena hidup ini nggak cuma untuk main saja!

Baca juga:  5 Game Yang Dapat Melatih Skill Programming
  • Bagikan