6 Tips Sukses Kerja Sebagai Freelancer

  • Bagikan
6 Tips Sukses Kerja Sebagai Freelancer 6 Tips Sukses Kerja Sebagai Freelancer
Foto: freepik

Kerja sebagai freelancer memang terlihat asyik lantaran fleksibelnya waktu. Namun, freelancer tetap sebuah pekerjaan yang punya tenggat waktu alias deadline.

Menjadi freelancer kamu akan mengatur sendiri ritme dan target kerja. Target kerja akan berhubungan pendapatan alias gaji. Sebagai langkah meraih kesuksesan, seorang pekerja freelance harus lebih berusaha keras dalam mengendalikan tenaga dan waktu.

Berikut 6 tips sukses kerja sebagai freelancer

Kerja sebagai freelancer dapat kamu lakukan di mana saja dengan waktu yang lebih fleksibel. Buat kamu yang berniat kerja sebagai freelancer, ada tips dan triknya nih yang harus diikuti seperti dibawah ini:

Baca juga:  Keuntungan Kalau Kamu Jadi Freelancer

1. Cari tahu apa passionmu

Salah satu kunci kesuksesan adalah bekerja sesuai dengan passion. Kenapa begitu? Ketika kamu bekerja sesuai dengan passionmu, kamu akan tetap berusaha mengerjakan meskipun mengalami kesulitan. Meskipun kamu malas, kamu akan tetap berusaha mengerjakan pekerjaanmu.

2. Kerjakan pekerjaanmu serajin mungkin

Masalah yang sering dihadapi oleh seorang freelancer adalah rasa malas. Kenapa demikian? Pekerjaan freelancer memang identik dengan suasana santai dan bisa dikerjakan di mana saja dan rasa malas akan cenderung akan menyerang.

Rasa malas ini yang harus kamu hindari saat memilih bekerja sebagai freelancer. Rasa malas nantinya akan berdampak ke upah yang akan kamu terima misalkan pekerjaanmu dihitung per proyek.

3. Cari tahu upah untuk pekerjaan freelance mu

Nah, siapa sih yang tak mau dapat upah besar sebagai balasan pekerjaanmu? Kamu mesti mencari tahu upah atas pekerjaan freelance yang kamu kerjakan. Kamu bisa mencari tahu lewat internet hingga di forum freelancer.

Baca juga:  Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Kamu bisa bandingkan dengan upah yang ditawarkan oleh perusahaan calon klien. Kenapa perlu mencari tahu upah?

Kamu bisa membandingkan upah yang akan kamu terima jika bekerja sebagai freelancer bersama klien. Bila terlalu kecil, kamu bisa memilih perusahaan lain yang menawarkan upah yang sesuai untuk kamu.

4. Selalu up to date

Sebagai freelancer, kamu juga harus selalu up to date dengan dunia yang kamu geluti. Kamu mesti mengetahui tren-tren yang berkembang di subyek yang kalian jalani. Selalu up to date dengan tren akan mendukung pekerjaanmu sebagai freelancer. Kamu bisa mengetahui cara-cara, aplikasi, maupun topik yang menarik untuk ditawarkan ke klien.

5. Buatlah personal branding

Apa itu personal branding? Personal branding adalah sebuah cara untuk memasarkan diri secara individu. Personal branding bisa kamu terapkan dengan cara memajang hasil karya-karyamu di berbagai platform media sosial. Kamu juga bisa rutin berbicara mengenai apa yang kamu kerjakan. Dengan begitu, orang lain bisa melihat kualitas karya yang kamu buat.

Baca juga:  Hal Penting Yang Perlu Disiapkan Fresh Graduate Dalam Menghadapi Dunia Kerja

6. Bekerja sesuai deadline

Biasakanlah bekerja sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan. Dengan bekerja sesuai deadline, klien akan menganggapmu individu yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan.

Jika klien sudah percaya dengan kinerjamu, kemungkinan besar kamu akan sukses dalam pekerjaanmu. Selain itu, peliharalah kualitas pekerjaanmu agar klien selalu ingin bekerjasama denganmu.

  • Bagikan