7 Aplikasi Android Gratis Untuk Melacak Keluarga, Pasangan dan Teman Melalui GPS

  • Bagikan
7 Aplikasi Android Gratis Untuk Melacak Keluarga, Pasangan dan Teman Melalui GPS Aplikasi Android Gratis Untuk Melacak Keluarga

Apakah kamu ingin aplikasi melacak lokasi keluarga, pasangan dan teman melalui maps? Memang, kedengarannya agak menyeramkan, tetapi dengan adanya aplikasi tersebut tentunya kamu bisa melacak dan memonitoring keberadaan orang terkasih sehingga dampaknya kamu bisa langsung menuju ke lokasi tersebut jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan. 

Jika kamu menginginkan aplikasi pencari lokasi terbaik, aplikasi melacak GPS, dan cara menemukan lokasi keluarga, pasangan ataupun teman kamu, yuk simak berikut 7 rekomendasi aplikasi android tersebut.

1. Glympse

Seiring waktu, Glympse telah menjadi salah satu aplikasi lokasi paling populer di Play Store. keunggulan utama aplikasi ini adalah dapat dengan cepat dan mudah berbagi lokasi GPS kamu dengan keluarga, pasangan dan teman.

Salah satu fitur terbaik dari pelacak ponsel ini adalah penerima tidak perlu mendaftar untuk melihat lokasi kamu di peta mereka hanya memerlukan koneksi web. Itu membuat Glympse berbeda dari aplikasi berbagi lokasi lainnya seperti WhatsApp dan Google Maps.

Glympse juga memiliki fitur keamanan penting semua “Glympses” secara otomatis kadaluarsa setelah jangka waktu tertentu. Dengan demikian tidak ada bahaya bahwa kamu akan lupa untuk mematikan berbagi lokasi dan secara tidak sengaja menyiarkan keberadaan kamu selama berjam-jam.

2. Family Locator

Family Locator adalah aplikasi terbaik dalam daftar ini untuk siapa saja yang memiliki anak dan ingin terus mengikuti dan mengawasi lokasi mereka setiap saat. Kamu dapat menggunakannya untuk melihat lokasi real-time dari orang lain di keluarga kamu yang menggunakan aplikasi. Ada juga layanan pesan bawaan untuk menghubungi pengguna lain.

Baca juga:  5 Aplikasi Pengatur Keuangan Populer

Yang paling penting dari perspektif keselamatan anak, Family Locator memiliki tombol SOS untuk orang tua. Saat ditekan, itu akan segera menandai posisi anak-anak mereka di peta. Ini berguna dalam perjalanan keluarga di ruang publik yang besar, di mana anak-anak cenderung berkeliaran sendiri.

Orang tua juga dapat mengatur pemberitahuan sehingga mereka menerima peringatan ketika anak mereka mencapai tujuan tertentu (seperti sekolah atau rumah teman). Dan aplikasi mendukung pembuatan zona aman/tidak aman; jika seorang anak melintasi batas, orang tua mendapat peringatan.

Tidak seperti Glympse, orang lain harus menginstal Family Locator agar kamu dapat melihat lokasi mereka.

3. A-GPS Tracker

Meskipun kasus penggunaan utama untuk banyak aplikasi dalam kategori ini adalah untuk mengawasi anak-anak, mereka juga berguna bagi siapa saja yang menghabiskan banyak waktu di luar jalur.

Pengembang membuat peta dengan mempertimbangkan pejalan kaki. Semua peta memiliki pengukuran ketinggian, dan koordinat lintang dan bujur untuk lokasi kamu disediakan dalam derajat dan UTM-WSG84. Kamu juga dapat memuat rute pengguna lain dan mendapatkan alarm yang dapat didengar jika kamu menyimpang terlalu jauh dari tempat yang seharusnya.

Baca juga:  5 Password Manager Gratis, Browsing Aman Tanpa Lupa Password!

4. Geo Tracker

Geo Tracker adalah aplikasi pelacakan GPS lain yang patut dipertimbangkan. Seperti A-GPS Tracker, ini ditujukan untuk orang-orang yang menghabiskan waktu di hutan belantara, tetapi berfungsi di lingkungan apa pun.

Ini akan memplot lokasi kamu di peta, tetapi juga akan memberimu banyak data tambahan seperti kecepatan, ketinggian, jarak vertikal (untuk pendakian dan penurunan), dan kemiringan lereng. Semua trek disimpan dalam format GPX dan KML, artinya kamu dapat mengimpornya ke dalam aplikasi seperti Google Earth dan Ozi Explorer.

Yang terpenting, kamu dapat berbagi lokasi dengan teman dan keluarga. Ini berarti kamu dapat menemukan ponsel teman kamu jika kamu belum mendengar kabar dari mereka untuk sementara waktu.

5. Google Maps

Tahukah kamu bahwa kamu dapat menggunakan Google Maps untuk melacak keluarga, pasangan dan teman?

Itu tergantung pada orang yang berbagi lokasi mereka dengan kamu, jadi itu mungkin bukan pilihan terbaik untuk beberapa situasi. Namun, untuk sekelompok teman atau kolega yang mencoba mengatur pertemuan, itu sudah lebih dari cukup.

Jika kamu ingin tahu cara berbagi lokasi dengan teman di Google Maps, ikuti petunjuk di bawah ini:

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Ketuk gambar profil kamu di sudut kanan atas.
  • Pilih Berbagi Lokasi dari daftar opsi.
  • Ketuk tombol Bagikan Baru di sudut kanan bawah.
  • Tetapkan durasi untuk berbagi atau pilih sampai kamu mematikannya .
  • Pilih orang yang ingin kamu ajak berbagi dari daftar kontak.
Baca juga:  5 Aplikasi Rekomendasi Di HP Buat Bikin Konten Jualan

Ingat, jika kamu adalah anggota Google Family Group, kamu sudah memiliki akses ke lokasi GPS dari setiap anak yang berpartisipasi. Dan kamu juga dapat menggunakan Asisten Google untuk melacak telepon .

6. Life360

Life360 menggunakan “Circles” untuk mengelola dengan siapa kamu berbagi lokasi. Jadi, apakah kamu ingin aplikasi melacak keluarga, pasangan dan teman melalui GPS, ada baiknya untuk dicoba.

Kamu dapat memilih kapan akan berbagi lokasi dengan setiap Circles. Misalnya, kamu mungkin ingin berbagi lokasi dengan teman-teman kamu saat keluar malam.

Setiap Circles memiliki peta pribadi dan layanan pesan pribadi yang hanya dapat dilihat oleh anggota yang terhubung.

7. GeoZilla Family GPS Locator

GeoZilla Family GPS Locator adalah aplikasi rekomendasi terakhir untuk melacak keluarga, pasangan dan teman.

Tidak seperti banyak aplikasi berbagi lokasi, GeoZilla Family GPS Locator tidak terlalu menguras baterai ponsel kamu berkat fitur SLC (Significant Location Change). Ini memastikan aplikasi tidak akan menyala jika kamu berjalan dalam jarak dekat misalnya seperti berada satu rumah. Sebaliknya, itu hanya akan mulai merekam ketika kamu bergerak dalam jarak yang cukup jauh.

Fitur lain termasuk peringatan ketika ada anggota keluarga tiba di tujuan, melihat riwayat lokasi selama seminggu di peta, dan cara untuk menetapkan tugas berbasis lokasi dengan anggota keluarga melalui daftar tugas bersama.

  • Bagikan